SOLOPOS.COM - Sejumlah anak bertemu dan berfoto dengan karakter Kiko dan teman-temannya, dalam event Kiko Christmas Adventure, di The Park Mall, Jumat (15/12/2023). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SUKOHARJO — Menjelang momentum Natal dan Tahun Baru, mobilitas warga dari luar kota diprediksi meningkat akhir pekan ini.

Jumlah kunjungan di mal, termasuk The Park Mall Solo di Grogol, Sukoharjo, diperkirakan juga akan meningkat seiring kondisi tersebut.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Bussiness & Marketing Director The Park Mall Solo, Danny Johannes, mengatakan secara umum peningkatan jumlah pengunjung sudah terasa sejak awal bulan Desember.

Menurutnya, banyaknya film horor yang diputar di XXI ternyata juga turut berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pengunjung. Dia optimistis jumlah pengunjung akan semakin bertambah di akhir pekan ini.

“Kalau bicara traffic dari luar kota, mungkin Minggu ini akan mulai datang ke Solo, sebab setelah terima rapor [kalangan pelajar], tentunya orang tua sudah memikirkan untuk mengajak jalan-jalan anaknya. Harapan kami dengan berbagai acara yang digelar di The Park Mall Solo, bisa menarik pengunjung,” kata dia, Jumat (15/12/2023).

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, traffic pengunjung meningkat antara 40%-60%. Menurutnya dengan melihat peningkatan traffic tersebut, kondisi tahun ini dinilainya sudah semakin baik.

Dia juga mengatakan selama momentum Natal dan Tahun Baru ini, The Park Mall Solo di Sukoharjo, telah menyiapkan berbagai program. Mulai dari program hiburan, event kuliner, serta rencana pesta kembang api di malam pergantian tahun nanti.

Di sisi lain, mulai 21 Desember 2023 nanti PT KAI sudah memulai menerapkan masa angkutan Natal dan Tahun Baru hingga 7 Januari 2024 nanti.

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan, di Daop 6 Yogyakarta, per Rabu (13/12/2023), untuk tiket kereta api (KA) keberangkatan awal Daop 6, untuk masa liburan Natal dan Tahun Baru, sudah terjual 134.396 tiket.

“Tiket yang terjual sebanyak 134.396 tiket atau 42,8% dari total tiket yang disediakan yakni sebanyak 313.974 tiket KA jarak jauh,” kata dia dalam rilis, Rabu.

Sedangkan dari data yang ada, KA Bengawan relasi Purwosari – Pasar Senen menjadi KA favorit pertaa dengan penjualan sebanyak 19.078 tiket per rabu.

Sementara berdasarkan berita yang diunggah di https://www.dephub.go.id, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyampaikan dari data angkutan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 lalu, ada sekitar 44,17 juta orang melakukan mobilisasi.

“Tahun ini mobilisasi masyarakat pada saat Nataru [Natal dan Tahun Baru] diprediksi akan meningkat dibanding tahun lalu,” kata Menhub dalam berita tersebut.

Disebutkan, berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, diprediksi puncak arus mudik dan balik akan terjadi dua kali. Puncak arus mudik I akan terjadi pada 22-23 Desember 2023.

Prediksi puncak arus balik I akan terjadi pada 26-27 Desember 2023. Sedangkan prediksi puncak arus mudik II akan terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan prediksi puncak arus balik II akan terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya