SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebutuhan pokok (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO – Menjelang momentum Natal dan Tahun Baru, pemerintah akan terus memantau perkembangan harga pangan di lapangan. Sejauh ini harga beberapa komoditas masih bertahan tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemantauan harga pangan terus dilakukan oleh Menteri Perdagangan. Hal itu untuk memastikan perkembangan inflasi menjelang Natal dan Tahun Baru.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Menteri Perdagangan, kami memonitor harga-harga, dari segi inflasi kenaikannya terbatas,” kata dia saat ditanya mengenai perkembangan harga pangan menjelang Natal dan Tahun Baru, di sela kunjungannya di Solo, Selasa (5/12/2023).

Sementara itu berdasarkan informasi harga pangan yang disajikan di https://www.bi.go.id, beberapa harga komoditas pangan di Jawa Tengah (Jateng), termasuk Kota Solo masih cenderung landai. Tidak ada perubahan harga yang terjadi signifikan. Beberapa komoditas yang sebelumnya memiliki harga tinggi, juga masih bertahan. Seperti gula pasir dan beberapa jenis cabai. Harga gula pasir lokal di Solo per Rabu (6/12/2023) tercatat Rp17.400/kg. Harga tersebut masih bertahan bahkan sejak pertengahan November lalu. Sedangkan untuk gula pasir kualitas premium di Solo masih bertahan di harga Rp18.400/kg.

Kemudian untuk harga cabai rawit merah masih bertahan di atas Rp80.000/kg. Pada Rabu (6/12/2023), harga cabai rawit merah di Solo sekitar Rp83.250/kg. Namun harga tersebut sudah sedikit turun dibanding hari sebelumnya yang sekitar Rp87.000/kg.

Sebelumnya, salah satu pemilik warung makan di Nusukan, Lestari, mengaku terkendala dengan naiknya sejumlah komoditas di pasar. Mulai dari beras, cabai, gula dan lainnya. “Terpaksa untuk sayur yang banyak pakai cabai juga saya sesuaikan. Meskipun pelanggan juga menanyakan,” kata dia saat ditemui Solopos.com akhir November kemarin.

Sementara berdasarkan berita resmi statistik BPS Solo, pada November 2023 Kota Solo mengalami inflasi sebesar 0,42 persen. Komoditas yang mengalami kenaikan harga sehingga memberikan sumbangan inflasi diantaranya cabai rawit, cabai merah, telur ayam ras, sewa rumah, gula pasir, bawang merah, bakso siap santap dan rokok kretek filter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya