SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO — Menjelang musim kampanye, usaha percetakan sablon ataupun printing masih sepi pesanan. Pelaku usaha memprediksi pesanan bakal ramai mulai pertengahan tahun ini.

Seperti diketahui, sebelumnya partai politik silih berganti mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada 1-14 Mei 2023.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Bisnis jasa cetak digital alias digital printing diperkirakan tak pernah surut dan semakin dibutuhkan. Pelaku usaha digital printing, termasuk di Solo diperkirakan menangguk keuntungan berlipat menjelang agenda politik nasional pada 2024 nanti.

Pemilik Gage Design, Bambang Nugroho, mengatakan bisnis digital printing mampu melewati masa sulit saat badai pandemi Covid-19 yang menggerus sektor usaha dan perdagangan selama lebih dari dua tahun.

Pria yang akrab disapa Bambang Gage ini menyampaikan order pemasangan billboard atau reklame cukup tinggi pada tahun lalu.

Pesanan tersebut berasal dari tokoh-tokoh politik maupun pelaku usaha yang menawarkan produk melalui reklame atau billboard. Gage Design juga dipercaya memasang billboard sejumlah elite politik nasional seperti Puan Maharani pada tahun lalu.

Menjelang tahun politik, Bambang meyakini bisnis digital printing bakal kian moncer. Para caleg maupun figur tokoh politik diyakini tetap menggunakan jasa pembuatan media iklan.

Pada usia menginjak 19 tahun ini, Gage Design berkomitmen terus meningkatkan kualitas layanan terhadap para pelanggan. Inovasi dan kreatif bakal menjadi kunci dalam menjawab berbagai tantangan dan rintangan pada tahun ini.

Jelang musim kampanye, usaha percetakan sablon ataupun digital printing miliknya biasanya ramai dicari oleh pesanan dari figur politik. Namun hingga saat ini belum ada kenaikan pesanan.

“Belum ada geliat. Kemarin pas Ramadan saja momen. Masih sepi-sepi yang [pesanan untuk] kampanye. Selain baru penetapan DCS [Daftar Caleg Sementara, kalau caleg bukan incumbent belum berani branding,” ujar Bambang saat dihubungi Solopos.com Minggu (21/5/2023).

Salah satu pengelola CV Sidu Utama Klaten, Satrio Sulastomo menjelaskan kemungkinan pesanan para caleg datang mulai pertengahan tahun hingga akhir tahun ini. Karena pendaftaran bacaleg baru saja selesai. Ia juga menyebut belum ada kenaikan pesanan terkait pesanan untuk kampanye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya