SOLOPOS.COM - Dokter hewan memeriksa gigi dan mulut sapi saat pengecekan hewan kurban di Mojosongo, Boyolali, Kamis (15/6/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO — Jelang Hari Raya Iduladha 2023 yang jatuh pada Kamis (29/6/2023) harga kambing dan sapi untuk kurban di pasaran, khususnya di Soloraya kian melambung.

Hewan kurban sapi laris manis di wilayah Soloraya jelang Iduladha walaupun ada kenaikan harga. Saat ini sapi seharga Rp20 juta hingga Rp25 paling banyak dicari.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Pemilik Kakung Farm Boyolali, Drajat  memasok di berbagai daerah di Soloraya, misalnya Kota Solo. Selain Solo, Sukoharjo, Sragen, dan Klaten menjadi wilayah Soloraya yang ia pasok.

Drajat menguraikan juga memasok ternak sapi miliknya hingga Semarang, Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung.

Ia menguraikan memang ada kenaikan harga sapi namun menurutnya masih batas wajar. Namun ia tidak menjelaskan secara detail berapa kenaikan hewan ternak miliknya saat momen Iduladha.

Drajat menguraikan masyarakat banyak meminati sapi dengan harga Rp20 juta hingga Rp25 juta. Untuk rombongan berjumlah tujuh orang, paling tidak satu orang dikenakan biaya Rp3 juta hingga Rp3,5 juta.

“Yang digemari paket iuran tujuh orang, harga Rp20 juta hingga Rp25 juta. Jadi ketemunya iuran per orang Rp3 juta hingga Rp3,5 juta,” terang Drajat saat dihubungi Solopos.com, pada Senin (26/6/2023).

Di Wonogiri, pada tiga pekan menjelang Iduladha harga sapi sudah naik 10%. Harga jual sapi saat ini berkisar Rp20 juta-Rp23 juta per ekor. Sementara harga sapi pada hari-hari biasa Rp18 juta-Rp19 juta per ekor.

Kenaikan harga hewan kurban menjelang Iduladha juga terjadi di Solo, Sragen, Sukoharjo, Klaten, dan Karanganyar juga mengalami kenaikan menjelang Iduladha.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, harga sapi di Sragen beberapa waktu terakhir berkisar di atas Rp20 juta per ekor, bahkan ada yang senilai Rp40 juta per ekor (tergantung besar dan kecilnya hewan kurban).

Di Karanganyar, harga sapi umumnya di atas Rp21 juta, sedangkan harga kambing senilai Rp2 juta-an. Harga sapi di Sukoharjo rata-rata juga senilai Rp21 juta per ekor dan harga kambing kurang lebih senilai Rp2 juta (tergantung ukuran besar dan kecilnya hewan kurban).

Hal yang sama juga terjadi di Solo. Hewan kurban jenis sapi di Solo umumnya dijual di atas Rp20 juta per ekor. Begitu juga harga hewan kurban di Klaten. Harga sapi di Klaten umumnya di kisaran Rp20 juta/ekor dan kambing di kisaran 2,5 juta per ekor.

Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat ketersediaan hewan kurban mencapai 2,74 juta ekor menjelang Iduladha 2023. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 20,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 2,3 juta ekor.

Secara terperinci, kambing menjadi hewan kurban yang tersedia paling banyak jelang Iduladha tahun ini, yaitu sebanyak 1,02 juta ekor.

Terdapat juga 831.761 sapi yang tersedia untuk dikurbankan saat perayaan Haji 2023. Dalam hal ini, terdapat 864.805 domba yang tersedia untuk kurban pada Iduladha 2023, sementara jumlah kerbau yang tersedia mencapai 21.971 ekor.

Di sisi lain, Kementan memperkirakan bahwa kebutuhan daging untuk Iduladha 2023 mencapai 1,74 juta ekor, mengalami peningkatan sebesar 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Jumlah tersebut terdiri atas kebutuhan hewan kurban jenis kambing sebanyak 743.672 ekor, serta kebutuhan hewan kurban sapi sebanyak 650.282 ekor.

Adapun, kebutuhan domba untuk hewan kurban mencapai 332.770 ekor, sementara kebutuhan kerbau untuk Iduladha 2023 diperkirakan sebanyak 16.327 ekor.

Itulah ulasan tentang harga sapi dan kambing kurban khususnya di Soloraya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya