SOLOPOS.COM - Para pekerja beraktivitas di toko Istana Lampion Solo, di Kecamatan Jebres, Kota Solo pada Rabu (9/8/2023). (Solopos/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI, produksi lampion bertema merah putih di Istana Lampion Solo meningkat hingga 400 persen.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, di toko Istana Lampion Solo, di Jl. Arifin No. 11 Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres, Kota Solo pada Rabu (9/8/2023). Tampak beberapa pekerja tengah menyelesaikan lampion berwarna khas Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain lampion, pekerja juga mengerjakan dekorasi dari styrofoam berbentuk lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Pemilik Istana Lampion Solo, Marbeno Deka Marimba, 20, menguraikan lampion khusus HUT RI ini telah menjadi tren sejak lima tahun terakhir.

Pesanan lampion ini mulai datang pada akhir Juli hingga pertengahan Agustus nanti. Karakteristik dari lampion ini adalah kombinasi dari warna merah dan putih dengan kerangka lampion berwarna emas.

Beno, sapaan akrabnya, menjelaskan permintaan lampion bertema Hari Kemerdekaan Indonesia ini datang dari pihak hotel, restoran, dan masyarakat umum. Pelanggannya tidak hanya berasal dari wilayah Soloraya, akan tetapi pesanan juga datang dari Purwodadi dan Malajengka

“Biasanya sekali ambil 30 buah hingga ratusan, ada yang pesan 800 buat restoran,” ujar Beno saat ditemui Solopos.com di tokonya, pada Rabu.

Hingga saat ini telah ribuan lampion bertema khusus ini terjual dari tokonya. Harga lampion produknya variatif mulai Rp13.500 untuk lampion berdiameter 20 sentimeter hingga Rp60.000 untuk lampion berdiameter 30 sentimeter.

Beno mengaku sempat mencari pekerja tambahan karena kewalahan memenuhi pesanan. Saat ini ia mengerjakan pesanan bersama empat pekerja. Dalam sehari, paling tidak 50 lampion berhasil diproduksi. Selain lampion, Beno juga memenuhi pesanan dekorasi sesuai permintaan pembeli.

Ia mengandalkan promosi di media sosial, misalnya melalui Instagram. Pasokan bahan baku kain khusus lampion miliknya didapat dari Kota Solo.

Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya memang diwarnai beberapa hal, misalnya dengan beragam lomba hingga mendekorasi jalanan di desa hingga rumah. Salah satunya dilakukan oleh Erma.

Warga Solo ini mengaku rutin membeli lampion spesial Hari Kemerdekaan Indonesia untuk dipasang di rumahnya. Ia mengaku memang memiliki tradisi memperingati HUT RI setiap tahunnya, misalnya dengan memasang lampion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya