SOLOPOS.COM - Suasana lalu lalang calon penumpang Kereta Api di Stasiun Solo Balapan. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/PT KAI).

Solopos.com, SOLO — Direktorat Jenderal Perkeretaapian melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Semarang, melakukan rampcheck menyambut arus mudik 2023.

Pemeriksaan ini digelar mulai, Selasa (13/3/2023) hingga Jumat (17/3/2023), di seluruh wilayah kerja BTP Kelas I Semarang.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Pelaksanaan rampcheck berada di Solo Balapan (Depo Kereta, Depo Lomomotif), PUK Lempuyangan, Yogyakarta (Depo Kereta, Depo Lomomotif), Depo KRL Klaten, (Purwokerto-Kutoarjo-Cilacap) (Depo Kereta, Depo Lomomotif).

Kepala BTP Semarang, Putu Sumarjaya, dalam rilis yang diterima Solopos.com Jumat (17/3/2023) menjelaskan ragam pemeriksaan yang dilakukan meliputi aspek administrasi hingga aspek teknis. Apabila dinilai layak, maka akan diberikan stiker kelayakan oleh BTP.

“Untuk aspek administrasi, sarana angkutan penumpang harus berlaku masa uji berkalanya, dibuktikan dengan sertifikat kelaikan sarana/tanda lulus uji. Kemudian pemeriksaan aspek teknis, pemeriksaan item seperti badan sarana, kabin masinis, peralatan pengereman, peralatan pengendali, peralatan keselamatan sampai peralatan penunjang,” ujar Putu.

Pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian sarana perkeretaapian di Yogyakarta, Klaten dan Surakarta dilakukan pada tujuh lokomotif, 36 unit KRL, 43 unit KRD, dan 226 kereta. 

“Secara umum, hasil pemeriksaan laik dan siap operasi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Ada beberapa lokomotif yang belum bisa diperiksa karena sedang dalam masa perawatan (overhaul). Segera setelah perawatannya selesai, Tim Direktorat Sarana Perkeretaapian dan BTP Semarang melakukan pemeriksaan,” ujar Putu.

Terpisah, Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo menyebut, PT KAI Daop 6 Yogyakarta, menambah 66.176 tempat duduk KA Jarak Jauh menyambut arus mudik 2023.

KA  tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Solo – Jakarta, Yogyakarta – Jakarta, Yogya – Klaten – Solo – Malang, Yogyakarta – Surabaya, dan lainnya.

“Hadirnya KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Lebaran, serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Franoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya