SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) berpotensi terkoreksi ke rentang 6.794-6.884 pada perdagangan hari ini, Jumat (28/7/2023).

Tim Analis MNC Sekuritas memperkirakan posisi IHSG tengah berada di awal wave iv dari wave (a) dari wave [iii] setelah sebelumnya ditutup terkoreksi 0,7 persen ke level 6.896 disertai dengan munculnya volume penjualan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Pada skenario terbaiknya, koreksi IHSG hanya akan menuju ke level 6.884 dan kembali menguat ke rentang area 6.989-7.013,” tulis tim analis MNC Sekuritas dalam riset hariannya, Jumat (28/7/2023) seperti dilansir Bisnis.

Adapun, IHSG hari ini memiliki level support di 6.798, 6.744 serta level resistance di 6.958, 6.971. Beberapa saham yang berpotensi meraup cuan hari ini menurut MNC Sekuritas antara lain adalah TKIM, ARTO, CPIN, serta DOID.

Adapun beberapa saham yang direkomendasikan MNC Sekuritas pada perdagangan hari ini antara lain ARTO, CPIN, DOID, dan TKIM.

Sebelumnya, IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup melemah 0,74 persen sehingga parkir di 6.896,66 pada perdagangan kemarin, Kamis (27/7/2023), menyusul keputusan The Fed untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin.

Indeks komposit sempat mencapai posisi tertinggi di 6.966,16 dan terendah di 6.896,66 sepanjang sesi perdagangan. Sebanyak 215 saham ditutup parkir di zona hijau, 326 saham melemah, dan 204 saham lainnya ditutup di posisi yang sama dengan harga kemarin.

Mayoritas sektor ditutup melemah pada perdagangan hari ini dengan koreksi terdalam dialami sektor energi sebesar 1,06 persen. Kemudian sektor kesehatan turun 1,05 persen dan sektor transportasi turun 1,01 persen.

Sektor konsumer cyclical menjadi segelintir sektor yang menguat dengan kenaikan 0,15 persen. PT Victoria Insurance Tbk. (VINS) menjadi saham dengan kenaikan tertinggi yakni 35 persen. Kemudian disusul PT Eratex Djaja Tbk. (ERTX) yang menguat 24,82 persen.

Adapun saham penghuni top losers hari ini dipimpin oleh PT Victoria Investama Tbk. (VICO) yang anjlok 14,91 persen dan PT Himalaya Energi Perkasa Tbk. (HADE) turun 14,29 persen.

Di jajaran saham-saham berkapitalisasi jumbo, hanya AMMN, BMRI dan TPIA yang ditutup menguat dengan kenaikan masing-masing sebesar 8,33 persen, 0,90 persen, dan 0,49 persen. Sementara itu, HMSP yang baru saja merilis laporan keuangan semester I/2023 mengalami kontraksi harga saham dengan pelemahan 4,66 persen.

Kemudian disusul UNVR dan TLKM yang masing-masing melemah 4,12 persen dan 3,27 persen. Pilarmas Investindo Sekuritas dalam riset tengah hari melaporkan bahwa IHSG melemah ketika mayoritas bursa regional Asia menguat mengikuti penguatan bursa Amerika Serikat seiring dengan kebijakan kenaikan suku bunga The Fed.

The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga 25 basis poin ke level 5,25 persen—5,5 persen. Pasar menyikapi pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell yang mengemukakan bahwa keputusan kebijakan pada masa depan akan dibuat berdasarkan pertemuan demi pertemuan dan kondisi terkini.

Hal ini mengindikasikan bahwa masih ada peluang kenaikan suku bunga lagi di tengah siklus pengetatan moneter saat ini. Namun jika data ekonomi Amerika Serikat membaik, The Fed tetap berpeluang untuk menerapkan kebijakan pelonggaran moneter.

Selanjutnya Jerome Powell menegaskan bahwa bank sentral tidak lagi memperkirakan resesi Amerika Serikat dan menyebutkan adanya peluang inflasi kembali pada target tanpa disertai dengan hilangnya lapangan kerja yang signifikan.

“Sementara itu dari dalam negeri, fluktuasi IHSG hari ini tampaknya dipengaruhi tekanan jual seiring aksi profit taking sehingga berimbas pada pasar saham,” tulis Pilarmas.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya