SOLOPOS.COM - Paguyuban Tunggalrasa bekerja sama dengan Creative Hub Indonesia menghelat Festival UMKM Pesta Kreasi Mi Ayam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Paguyuban Tunggalrasa bekerja sama dengan Creative Hub Indonesia menghelat Festival UMKM Pesta Kreasi Mi Ayam.

UMKM mempunyai peranan strategis dalam perekonomian Indonesia, di antaranya karena kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor. Di mana terdapat kurang lebih 64,2 juta unit usaha merupakan UMKM.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Selain itu, peran besar UMKM dalam peningkatan nilai perekonomian kreatif Indonesia juga terlihat sebagai penyedia lapangan kerja yang terbesar atau sebesar 97 persen serta sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor nonmigas 14,4 persen.
UMKM merupakan pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi kreatif lokal dan pemberdayaan masyarakat.

Hal inilah yang menjadikan pengembangan UMKM begitu penting di Indonesia, peranan dan pengembangan UMKM yang sangat krusial itu
menjadi semangat bagi semua untuk dapat mewujudkan UMKM yang unggul dalam setiap sisinya, baik mulai dari hulu hingga hilir. Dan untuk menjangkau tujuan itu, diperlukan pendekatan teknologi atau digitalisasi serta peningkatan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan kreativitas untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Upaya Pemerintah untuk mengembalikan tingkat ekonomi masyarakat lewat pengembangan UMKM patut diapresiasi dan didukung dengan tindakan nyata oleh stakeholder di daerah. Mengembangkan UMKM tradisonal untuk naik kelas menjadi agenda strategis yang perlu ditanggapi secara serius oleh stakeholders pembangunan di Indonesia.

Pengunjung meramaikan Festival UMKM Pesta Kreasi Mi Ayam yang diselenggarakan Paguyuban Tunggalrasa bekerja sama dengan Creative Hub Indonesia. (Istimewa)

Menjawab tantangan tersebut, Paguyuban Tunggalrasa bekerja sama dengan Creative Hub Indonesia menghelat Festival UMKM Pesta Kreasi Mi Ayam. Kegiatan ini menghadirkan empat line up acara yaitu:

1. Solo Banjir 10.000 Mangkok Mi. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreative, didampingi GRAj. Ancillasura mewakili Pura Mangkunegaran, Rini perwakilan dari Dinkop UMKM Pemkot Solo dan Aryo Widyandoko Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Solo.

2. Penyerahan simbolis Gerobak Portable bantuan dari Bank Mandiri oleh Ariyawan Sutanto selaku VP Microbanking Bank Mandiri Jawa Tengah yang diterima oleh Edi Santoso selaku Ketua Paguyuban Tunggalrasa Indonesia.

3. Serta Penyerahan simbolis sertifikat finalis Pesta Kreasi Mie Ayam oleh Yulius selaku VP Bogasari area Indonesia Timur.

4. Drama Musikal “Mie Radjamala” dengan pimpinan produksi Iyud Atmadja dan Sutradara Achmad Dipoyono dengan para pemain mahasiswa Prodi Teater ISI Solo, Katanya Keroncong dan Reog Singo Bhirowo Ngadisono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya