SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol. (Semarangpos.com-Jasamarga)

Solopos.com, JAKARTA – PT Jasamarga Semarang Batang merespons cepat evakuasi kecelakaan tunggal yang terjadi di KM 370+200 A ruas Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (11/4/2024), pukul 06.30 WIB.

Kecelakaan tersebut melibatkan satu unit Bus PO Rosalia Indah, dengan kronologi kejadian yakni bus tersebut melaju dari arah barat menuju timur, dan pengemudi diduga mengantuk, kemudian bus keluar dari jalur tol dan masuk ke parit sejauh 200 meter.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Posisi akhir Bus Rosalia Indah berada di parit,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Nasrullah dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurutnya sebagai respons cepat, pihaknya turut berkoordinasi dengan kepolisian dalam melakukan penanganan, serta evakuasi pada kejadian tersebut. Hingga saat ini, kondisi lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Ruas Batang-Semarang ramai lancar di kedua arah.

Ia memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas kejadian tersebut, serta mengimbau pengguna jalan tetap berhati-hati, dengan cara memastikan kondisi kendaraan laik jalan, serta beristirahat di tempat yang telah disediakan jika merasa lelah.

Ia mengatakan masyarakat bisa menghubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 dan aplikasi Travoy juga mesti dilakukan apabila membutuhkan bantuan serta informasi seputar jalan tol milik Jasa Marga Group.

Sebelumnya PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.368.243 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 hingga H-1 Lebaran atau 3-9 April 2024.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans-Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Seperti diberitakan sebelumnya, kecelakaan lalu lintas yang dialami bus Rosalia Indah di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada Kamis (11/4/2024) pagi diduga disebabkan karena sopir bus yang mengantuk.

Sebanyak tujuh orang dikabarkan meninggal dunia, sementara 15 penumpang luka ringan, dan 12 penumpang selamat. Kernet atau kondektur bus sempat terjepit namun berhasil dievakuasi dan seluruh korban dibawa ke RS Islam Weleri.

Dilansir Antara, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Tengah Komisaris Besar Polisi Satake Bayu Setianto menjelaskan kejadian kecelakaan tersebut bermula ketika bus Rosalia Indah melaju dari arah barat ke timur atau Jakarta menuju Semarang.

Ketika sampai di lokasi kejadian KM 370, bus bernomor polisi AD 7019 OA tersebut keluar dari jalan dan masuk ke parit di sisi kiri jalan.

Dugaan sementara, menurut Satake, sopir bus Rosalia Indah mengantuk sehingga mengakibatkan kendaraan tersebut keluar jalur.

“Bus mengangkut 34 penumpang, termasuk sopir dan kondektur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya