SOLOPOS.COM - Salah satu Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS yang tertempel di warung di Kota Solo, Jumat (27/1/2023). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO –Volume transaksi Quick Response Code Indonesia Standard alias QRIS di Soloraya selama periode Januari-Februari 2023 melesat tajam dibandingkan periode yang sama pada 2022.

Volume transaksi QRIS pada Januari dan Februari 2023, yakni sekitar 60 persen dan 130 persen.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Peningkatan volume transaksi QRIS tercermin dalam periode awal pada 2023. Sistem pembayaran digital itu tak hanya diterapkan di merchant-merchant lapak usaha mikro dan kecil, melainkan pasar tradisional di Kota Bengawan.

Seperti para pedagang di Pasar Gede yang telah beradaptasi dengan sistem pembayaran digital sejak tahun lalu.

Berdasarkan data Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, volume transaksi QRIS di Soloraya pada periode Januari dan Febuari 2022 masih di bawah 40 persen.

Artinya, volume transaksi QRIS di Soloraya melesat hingga lebih dari 50 persen pada periode awal 2023.

“Ada peningkatan signifikan volume transaksi QRIS di Soloraya. Dan paling banyak memang di Kota Solo,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, kepada wartawan, Senin (17/4/2023).

Pria yang akrab disapa Joko ini menyampaikan terus mendorong pertumbuhan ekonomi dengan memperluas proses transaksi digital lebih cepat. Terutama bagi sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat langsung menerima uang untuk perputaran usahanya.

Pada 2022, Bank Indonesia Solo mencanangkan program SIAP QRIS, yakni Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Langkah ini bagian dari memperluas jangkauan merchant-merchant QRIS.

“Ini upaya lanjutan menopang ekosistem pembayaran secara digital di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional,” ujar dia.

Lebih jauh, Joko menyampaikan perluasan merchant-merchant QRIS bagian dari akselerasi pembayaran digital di Soloraya. Hal ini akan membantu transaksi bagi pedagang maupun pembeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya