SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji beribadah di depan Ka'bah. (Freepik).

Solopos.com, SOLO —  Program ongkos naik haji (ONH) Plus atau haji khusus di Solo makin banyak diminati. Seiring dengan lamanya daftar tunggu ONH reguler disertai biayanya yang juga dikabarkan bakal naik.

Pemilik biro perjalanan haji dan umrah Dewangga, Her Suprabu, mengatakan ONH Plus makin banyak diminati karena selisih dari biaya haji reguler semakin kecil.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Sudah ada 14 orang mendaftar program pendaftaran haji khusus atau ONH Plus pada pekan pertama Februari 2023 di biro Dewangga.

“Ada kenaikan biaya haji kurang lebih Rp70 juta dari Kemenag, membuat masyarakat makin memilih ONH Plus. Biasanya dalam 1 pekan yang mendaftar 2-5 orang, tapi pekan ini sampai 14 orang mendaftar ONH Plus,” ujar Her Suprabu saat diwawancara melalui  sambungan telepon, Jumat (10/2/2023).

Her Suprabu menambahkan, waktu keberangkatan haji reguler di Solo yang mencapai 30 tahun juga membuat warga memilih ONH Plus.

Her Suprabu mengatakan biaya ONH Plus di biro Dewangga sebesar Rp180 juta dengan waktu tunggu 6-7 tahun. Masyarakat bisa mendaftar dengan membayar uang muka US$ 5000 (Rp75,7 juta) lalu mendapatkan nomor kursi.

Sisa biaya dibayarkan 1 tahun sebelum pemberangkatan. “Biasanya kami menerima pembayaran cash, lalu baru kami setorkan ke Bank Penerima (BP),” kata dia.

Direktur Utama Madinah Iman Wisata biro perjalanan haji dan umrah, Didik Ariyanto, Jumat, mengatakan biaya ONH Plus dan umrah yang naik juga disebabkan oleh membengkaknya harga hotel di Arab Saudi dan tiket maskapai penerbangan,

“Sering kali biro perjalanan harus menambah modal untuk memberangkatkan jamaah,” kata Didik, saat ditemui Solopos.com di Syariah Hotel Solo, Gonilan, Sukoharjo, Jumat (10/2/2023).

Didik menjelaskan saat ini biaya umrah dari bironya sudah di atas Rp25 juta untuk hotel bintang 3.

Pria itu juga menyebutkan semakin banyak pendaftar jemaah haji memilih program ONH Plus karena kenaikan ONH reguler yang membuat selisih harga terus-terusan turun dengan waktu pemberangkatan tidak terlalu lama.

Didik yakin pada 2024 akan semakin banyak warga yang mendaftar haji dengan program ONH Plus. “Tapi ongkosnya akan naik terus karena kenaikan luar biasa dari biaya menginap di Arab Saudi,” tambahnya.

Lewat program ONH Plus, PT Bank Muamalat Tbk mengejar target pertumbuhan produk pembiayaan multiguna bernama ProHajj Plus sampai 3 kali lipat mencapai Rp1,3 triliun hingga akhir 2023.

Keunggulan program ini adalah nomor porsi haji khusus pada tahun berjalan untuk nasabah yang mendaftar haji lewat program tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya