SOLOPOS.COM - Penandatangan nota kesepakatan tentang pengembangan dan transformasi digital koperasi, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) oleh Lazada Indonesia dengan Kemenkop UKM. (Istimewa/Lazada Indonesia).

Solopos.com, SOLO — Dorongan peningkatan kapasitas kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) gencar dilakukan oleh sejumlah pihak.

Salah satunya yakni dorongan percepatan transformasi digital yang akan dilakukan oleh Lazada Indonesia dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia (Kemenkop UKM).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Keduanya mendorong pengembangan dan transformasi digital koperasi dan UMKM di Indonesia, sejalan dengan misi Lazada yakni mempercepat perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi.

Upaya tersebut ditandai dengan seremonial penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Lazada dan Kemenkp UKM dalam acara Lazada Club Festival, Senin (13/3/2023).

Informasi tersebut diterima Solopos.com pada Selasa (14/3/2023) dari Public Relations and Influenece, Anggia Kamilia Hanifah.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki turut hadir secara virtual dalam acara penandatanganan MoU.

Dalam sambutannya, Teten mengatakan saat ini, 21,56 juta UMKM telah go digital, yang berarti 71,8 persen target pemerintah untuk mentransformasi 30 juta UMKM ke dalam ekosistem digital pada 2024 telah tercapai.

“Kami melihat upaya untuk membantu pelaku UMKM untuk naik kelas dan melek digital harus terus dilakukan secara masif. Karena itu kami berharap penandatanganan nota kesepahaman dengan Lazada ini mampu memperkuat komitmen bersama dalam mendukung upaya percepatan transformasi digital dan UMKM untuk naik kelas,” terang Teten.

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo yang hadir dan mewakili Lazada dalam seremonial penandatanganan MoU.

“Dengan semangat mendorong transformasi digital, kami akan terus mengembangkan platform e-commerce yang mudah dan inklusif untuk semua pelaku bisnis di Indonesia. Kami senang bisa terus berkolaborasi dengan pemerintah, khususnya Kemenkop UKM dan kami siap untuk terus mendukung para UMKM di Indonesia dalam meningkatkan kompetensi dan daya saingnya, agar tidak hanya bisa berkompetisi di negeri sendiri, namun juga mampu mengembangkan bisnisnya hingga ke mancanegara melalui platform digital, seperti melalui e-commerce,” ujar Ferry.

Lebih lanjut, Ferry menguraikan Lazada memiliki layanan LazGoGlobal yang memungkinkan para penjual di Lazada untuk memasarkan produknya di lima negara wilayah Asia Tenggara yakni Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Melalui layanan ini, penjual yang sudah siap diajak untuk memperluas pasarnya ke Asia Tenggara dengan berbagai kemudahan fitur yang ditawarkan.

Termasuk dengan dukungan jaringan Lazada Logistics yang juga telah beroperasi di enam negara di Asia Tenggara.

Sementara itu, Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM, Siti Azizah, berharap kerja sama dengan pelaku industri seperti Lazada bisa mendorong percepatan transformasi digital UMKM di Tanah Air.

Para pelaku UMKM juga diharapkan mampu memanfaatkan platform digital untuk menumbuhkan bisnisnya.

Seremonial penandatanganan MoU antara Lazada dan Kemenkop UKM diadakan di sela-sela acara Lazada Club Festival Jakarta.

Agenda tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara pembelajaran para penjual di Lazada yang telah dilaksanakan di total 21 daerah di Indonesia.

Lazada Club Festival menjadi acara offline roadshow pertama untuk para penjual Lazada yang bergabung di Lazada Club, komunitas penjual resmi dari Lazada, setelah sebelumnya sempat terhenti dua tahun akibat pandemi dan lebih banyak dilaksanakan secara online.

Dalam acara Lazada Club Festival Jakarta, sebanyak 200 orang penjual Lazada hadir secara offline untuk belajar langsung dari para pembicara ahli, baik yang berasal dari Lazada maupun pembicara dari sesama penjual yang sudah lebih berpengalaman.

Lazada Club saat ini telah tersedia di 34 kota di Indonesia dan akan terus aktif menjalankan program pembelajaran untuk para penjual di Lazada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya