SOLOPOS.COM - PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP atau WMP) Melalui anak usahanya PT Pasir Tengah dan PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU atau WMU) menerapkan kemamputelusuran hingga ke RPH (Rumah Potong Hewan). (Istimewa/WMPP)

Solopos.com, SOLO — PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (IDX: WMPP atau WMP) berkomitmen memberikan jaminan kualitas terbaik bagi para konsumen yang dapat ditelusuri dari hulu hingga ke hilir.

Melalui anak usahanya PT Pasir Tengah dan PT Widodo Makmur Unggas Tbk (IDX: WMUU atau WMU) menerapkan kemamputelusuran hingga ke RPH (Rumah Potong Hewan) untuk ternak sapi (Traceability to the Abattoir), dan hingga ke konsumen untuk ternak unggas (Traceability to the Customers).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Kemamputelusuran (traceability) merupakan sebuah istilah yang mungkin tidak terlalu asing bagi sebagian kalangan. Saat ini, terdapat perhatian serius dari para konsumen terhadap produk pertanian dan peternakan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga dapat dipertanggung jawabkan, misalnya memberikan perlakuan yang layak kepada hewan ternak.

Hal tersebut mendorong para pelaku industri pertanian dan peternakan menerapkan praktik traceability untuk setiap produk yang dihasilkan untuk menjawab tantangan tersebut.

“Secara sederhana kemamputelusuran (traceability) adalah aktivitas penelusuran dan pencatatan yang dilakukan terhadap pergerakan produk dalam sebuah rantai proses. Hal ini menjadi penting karena terkait dengan nilai tambah sebuah produk dan jaminan keamanan ketika dikonsumsi oleh para konsumen,” jelas Manager Rumah Potong Ayam (RPA) PT Widodo Makmur Unggas Tbk, Ifnu Wardhana, dalam rilis yang diterima Solopos.com belum lama ini.

Baca Juga: Menjamin Kualitas Produk, WMPP Terapkan Kemamputelusuran hingga ke RPH

Namun demikian, dalam penerapan kemamputelusuran (traceability) WMPP terkadang menemui sejumlah tantangan yang beragam. Di tingkat tapak (internal) misalnya, WMPP perlu memastikan bahwa staf yang bertugas mampu melakukan identifikasi dan tindakan koreksi yang tepat.

“Tahapan ini menjadi penting karena merekalah yang menjadi garda terdepan untuk memastikan bahwa semua permasalahan dapat ditangani sejak dini, khususnya terkait dengan rantai pasok,” ujar Data Analyst Manager, PT Pasir Tengah, Khoirul Murtadlo, dalam rilis yang sama.

Selain itu, lanjut dia, kemampuan mendapatkan, menganalisis, dan mengolah data juga menjadi sangat krusial, sehingga dapat memberikan saran terkait langkah mitigasi yang tepat.

Pada tingkat eksternal misalnya, memberikan pemahaman terkait pentingnya kemamputelusuran (traceability) juga tidaklah mudah. Tantangan utamanya adalah mindset hingga Sumber Daya Manusia (SDM) di RPH-RPH terkait.

Baca Juga: Hadapi Potensi Resesi Global, Widodo Makmur Turut Mendorong UMKM Naik Kelas

PT Widodo Makmur Perkasa Tbk terus memberikan pemahaman, pengetahuan dan pelatihan (jika ada) terkait pentingnya kemamputelusuran dari sebelumnya menggunakan pencatatan manual menjadi pencatatan digital (via RFID) sebagaimana yang sudah dilakukan di internal Perusahaan.

Untuk memastikan kemamputelusuran diterapkan secara konsisten, secara internal Perusahaan juga melakukan refreshment setiap tahun.

PT Widodo Makmur Unggas Tbk misalnya, melakukan simulasi traceability minimal 1 tahun sekali dan telah tertuang dalam SOP Perusahaan. Karyawan terkait wajib memiliki kemampuan kemamputelusuran hingga 100% dalam kurun waktu kurang dari 2 jam. Jika standar tersebut tidak tercapai, maka simulasi dinyatakan gagal, dan harus dilakukan ulang.

Baca Juga: Diterapkan Widodo Makmur, Ini 8 Manfaat Kemamputelusuran pada Industri Ternak

Untuk mendorong produk-produk peternakan yang traceable, tentu Perusahaan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Dukungan tersebut dapat diberikan misalnya hanya membeli produk-produk dari Perusahaan yang telah memiliki sertifikasi keamanan pangan berstandar nasional atau internasional, serta berkomitmen terhadap praktik kemamputelusuran (traceability).

PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMP) adalah salah satu Perusahaan ternak sapi dan unggas terkemuka yang dapat menjadi mitra pilihan masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya