SOLOPOS.COM - Foto udara sejumlah kendaraan melintasi gerbang tol saat pemberlakuan 'Contraflow' di jalan tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) dini hari. Pemberlakuan 'Contraflow' yang dimulai dari kilometer 47 ruas jalan tol Jakarta-Cikampek tersebut sebagai langkah untuk mengurangi kepadatan lalu lintas arus mudik Lebaran 2022. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menyiapkan rekayasa lalu lintas one way, contra flow hingga ganjil genap untuk mengurai kepadatan lalu lintas di jalan tol saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Pelaksanaan rekayasa lalu lintas dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bersama Dirjen Perhubungan Darat, Kakorlantas Polri dan Dirjen Bina Marga pada 5 April 2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan Lebaran 2023. Berdasarkan beleid tersebut, penerapan sistem one way, contra flow dan ganjil genap untuk arus mudik Lebaran 2023 bakal mulai dilaksanakan 18 April 2023 hingga 21 April 2023.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Adapun, untuk arus balik, rekayasa lalu lintas bakal diterapkan dalam dua tahapan yaitu arus balik periode 1 dimulai 24 April-26 April 2023 dan arus balik periode 2 dimulai pada 29 April-2 Mei 2023. Untuk diketahui, sistem one way saat arus mudik bakal diberlakukan di KM 72 (Cikampek) – KM 414 (GT Kalikangkung), sedangkan sistem one way saat arus balik bakal diterapkan di KM 414 (GT Kalikangkung) – KM 72 (Cikampek).

Sementara itu, sistem contra flow di jalan tol untuk arus mudik bakal diterapkan di KM 47 (Karawang Barat) – KM 72 (Cikampek), sedangkan saat arus balik diterapkan di KM 72 (Cikampek) – KM 47 (Karawang Barat). Adapun, sistem ganjil genap di jalan tol saat arus mudik Lebaran 2023 bakal diterapkan di KM 47 (Karawang Barat) – KM 414 (GT Kalikangkung), sedangkan saat arus balik bakal diterapkan di KM 414 (GT Kalikangkung) – KM 47 (Karawang Barat). Berikut jadwal dan lokasi rekayasa lalu lintas di jalan tol saat mudik Lebaran 2023 seperti dilansir dari Bisnis.

Jadwal one way contraflow dan ganjil genap di jalan tol saat mudik Lebaran.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Lengkap! Jadwal Contra Flow, One Way, Ganjil Genap di Tol saat Mudik 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya