SOLOPOS.COM - Ilustrasi resesi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO  Resesi menjadi ancaman serius banyak negara pada 2023. Berikut adalah sejumlah penyebab terjadinya resesi yang jadi momok menakutkan bagi banyak negara pada 2023.

Resesi merupakan kondisi di mana perekonomian suatu negara mengalami penurunan secara signifikan yang terjadi secara berturut-turut. Menteri Keungan, Sri Mulyani Indrawati di banyak kesempatan mennyampaikan banyak negara terancam menghadapi resesi pada 2023.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Wabah pandemi yang belum selesai di banyak negara menjadi salah satu penyebab munculnya ancaman resesi pada 2023. Hal itu diperparah dengan munculnya konfliks yang tak berkesudahan antara Rusia dan Ukraina.

Pademi Covid-19 dan Invasi Rusia atas Ukraina memang menjadi alasan paling nyata dari ancaman resesi. Namun, ada sejumlah faktor penyebab terjadinya resesi yang berpotensi terjadi secara global pada 2023.

Berikut adalah empat penyebab terjadinya resesi sebagaimana disarikan dari laman resmi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Medan Area.

  1. Utang yang berlebih

Terlalu banyak utang bisa menjadi ancaman resesi bagi suatu negara. Ketika perusahaan, individu atau negara mengajukan terlalu banyak utang, maka biaya yang digunakan untuk melunasi dapat meningkatkan posisi di mana sudah tidak sanggup untuk membayar utang.

  1. Banyaknya deflasi

Deflasi juga bisa menjadi penyebab terjadinya resesi yang berpotensi terjadi di banyak negara pada 2023. Deflasi merupakan harga yang mengalami penurunan dalan periode waktu, sehingga menekan harga barang.

  1. Terlalu banyak inflasi

Inflasi merupakan tren harga yang bergerak stabil serta naik seiring berjalannya waktu. Inflasi bukanlah suatu hal yang buruk, namun jika Inflasi yang terjadi secara berlebihan maka akan sangat berbahaya.

  1. Guncangan ekonomi secara mendadak

Terjadinya guncangan ekonomi secara mendadak sehingga menimbulkan masalah keuangan yang serius. Guncangan ekonomi bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya karena pandemi yang menghantam suatu negara. Guncangan ekonomi menjadi salah satu penyebab terjadinya resesi yang berpotensi terjadi pada 2023.

  1. Perubahan Teknologi

Nyatanya perubahan yang terjadi pada bidang teknologi juga dapat menyebabkan penurunan ekonomi. Akan ada suatu periode penyesuaian dalam penggunaan teknologi terbaru.

Demikian artikel mengenai penyebab terjadinya resesi yang berpeluang menghantam banyak negara di dunia pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya