SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilot (Dok)

Solopos.com, SOLO — Profesi pilot di Indonesia menjadi salah satu incaran para pencari kerja karena gaji yang ditawarkan relatif besar.

Di balik gajinya yang menggiurkan, pilot punya tanggung jawab besar. Hal ini pernah diungkapkan salah satu pilot yang juga konten kreator yang dikenal sebagai Kapten Vincent.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dalam sebuah podcast milik youtuber Atta Halilintar, Vincent mengatakan bahwa dirinya harus siap dengan kemungkinan terburuk terkait keselamatan termasuk kehilangan nyawa.

“Kalau saya, saya tu selalu ngomong sama istri, saya adalah seorang pilot apapun risiko saya kalau saya tidak pulang tolong direlakan,” ujar Vincent.

Namun tampaknya besarnya risiko tak menyurutkan sebagian orang untuk menjadi pilot pesawat termasuk di Indonesia.

Lantas berapa besaran gaji para pilot di Indonesia?
Melansir dari Bisnis.com dan sumber lain, Rabu (6/9/2023), disebutkan gaji pilot per bulan berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa tergantung pada jenjang karirnya atau tergantung dari maskapainya.

Berikut gambaran gaji pilot di Indonesia berdasarkan posisi atau jabatannya:

1. Second officer

Second officer atau SO merupakan jenjang karir untuk pilot yang baru lulus sekolah pilot. Umumnya, pilot yang menjabat sebagai SO baru boleh menerbangkan pesawat kecil saja dan harus didampingi kapten.

Pilot yang menempati posisi ini memiliki gaji sekitar Rp15 juta-Rp20 juta.

2. First officer

Jenjang karier selanjutnya yaitu first officer atau FO. Seorang pilot yang menduduki posisi ini bertugas menerbangkan pesawat bersama supervisi dari kapten atau komandan penerbangan. Gaji pilot pesawat yang menduduki posisi ini sekitar Rp30 juta-Rp40 juta.

3. Kapten atau komandan

Seorang pilot yang berada di posisi kapten memiliki tugas mengawasi co-pilot atau FO dalam menerbangkan pesawat dan bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi ketika penerbangan berlangsung. Gaji pilot yang berperan sebagai kapten sangat tinggi, bahkan bisa lebih dari Rp40 juta.

Itulah ulasan tentang besaran gaji pilot di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya