SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang rupiah. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada pekan ini diprediksi melemah, di tengah konflik antara Israel-Hamas yang kian memanas, suku bunga tinggi AS, dan juga sederet sentimen global lainnya.

Pengamat Pasar Keuangan, Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar rupiah masih akan dipengaruhi oleh isu suku bunga tinggi AS dan konflik Israel-Hamas. Selain itu data China dan Indonesia juga bisa memengaruhi pergerakan rupiah.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Perang Israel-Hamas masih menjadi kekhawatiran pelaku pasar, sehingga akan mencermati perkembangan apakah akan membesar dan melibatkan negara lain atau terkonsentrasi di dua pihak saja. Bila terekskalasi, kekhawatiran pelaku pasar akan meningkat dan dolar AS bisa menguat lagi,” ujarnya kepada Bisnis, dikutip Minggu (15/10/2023).

Untuk pengingat, pada perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (13/10/2023), rupiah ditutup menguat 0,11% ke level Rp15.682 per dolar AS. Adapun indeks dolar AS melemah 0,25% ke 106,33.

Di lain sisi, dari data inflasi AS September 2023, indeks harga konsumen mencatat kenaikan sebesar 3,7% pada basis tahunan, laju yang sama seperti pada bulan Agustus, dan naik lebih besar dari perkiraan sebesar 0,4% month-to-month (mtm). Para ekonom memperkirakan angka sebesar 3,6% dan 0,3%.

Alhasil, para pelaku pasar memproyeksikan kemungkinan sebesar 38% dari kenaikan suku bunga pada Desember oleh Bank Sentral AS Federal Reserve (The Fed), menurut alat CME Fedwatch, dibandingkan dengan sekitar 28% kemungkinan yang tecermin sebelum rilis laporan tersebut.

Sebagaimana diketahui, suku bunga The Fed atau Fed Fund Rate (FFR) saat ini masih ditahan di level 5,25%-5,5% pada FOMC September 2023. Namun, The Fed masih memproyeksikan kenaikan suku bunga 25 bps sekali lagi ke level 5,75 hingga akhir tahun untuk menekan laju inflasi.

“Di pekan depan [pekan ini], beberapa data ekonomi AS akan menjadi perhatian pelaku pasar untuk mengonfirmasi soal isu suku bunga tinggi AS seperti data penjualan ritel, data perumahan, data aktivitas manufaktur di wilayah industri New York dan Philadelphia, dan data klaim tunjangan pengangguran,” jelasnya.

Selain itu, dia bilang, data PDB China kuartal III/2023 dan produksi industri yang dirilis Rabu, (18/10/2023) juga dapat memengaruhi rupiah, sebab China adalah mitra dagang terbesar untuk Indonesia.

Jika ekonomi China terganggu, maka mendorong pelemahan rupiah. Lebih lanjut Ariston mengatakan, data neraca perdagangan Indonesia September 2023 juga dapat memengaruhi rupiah, bila neraca dagang tetap surplus meski nilai ekspor atau impor menurun, nilai tukar rupiah bisa terdukung.

Menurutnya, hasil rapat Bank Indonesia (BI) pekan depan kemungkinan tidak akan terlalu memengaruhi rupiah bila tidak ada perubahan signifikan dalam kebijakannya.

“Potensi pelemahan rupiah masih terbuka untuk pekan depan. Rupiah masih bisa bergerak lagi di atas Rp15.700 hingga Rp15.750, tapi di sisi lain, perubahan sentimen terkait kenaikan suku bunga acuan The Fed, rupiah bisa menguat lagi ke arah support Rp15.600,” ujar Ariston.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Kurs Rupiah ke Dolar AS Berisiko Melemah, Efek Konflik Israel-Hamas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya