SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Rabu (31/8/2022) hari ini, melanjutkan kenaikan pada perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, IHSG menutup perdagangan dengan menguat 0,38 persen atau 27,43 poin sehingga parkir di level 7.159,47 pada perdagangan, Selasa (30/8/2022).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper menyampaikan IHSG pada perdagangan kemarin ditutup menguat meskipun sempat mulai terkoreksi jelang akhir sesi ke dua.

Dennies mengatakan pergerakan indeks hari ini masih dipengaruhi kekhawatiran kebijakan suku bunga yang agresif dari The Fed.

Sementara itu dari dalam negeri rencana pengalihan subsidi BBM menjadi faktor penekan penguatan di hari ini. Adapun pada perdagangan hari ini, Dennies memprediksi IHSG berbalik menguat.

Baca Juga: Sempat Melemah, IHSG Hari Ini Berpotensi Rebound

Dia menjelaskan secara teknikal candlestick doji dengan higher high dan higher low dengan stochastic yang masih melebar setelah membentuk goldencross mengindikasikan potensi penguatan.

Investor masih mencermati dampak kebijakan pemerintah yang mengalihkan subsidi BBM menjadi BLT,” tulisnya dalam riset harian, dikutip Bisnis Selasa (30/8/2022).

Sementara dari global menurutnya pergerakan saham besok masih akan ditekan kebijakan The Fed yang akan agresif menaikkan suku bunga kedepannya.

Untuk perdagangan esok hari, Artha Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak dengan support 7.125 dan 7.091 serta resistance 7.208 dan 7.257.

Berikut sejumlah saham yang dapat dicermati hari ini KRAS, ANTM, dan TOWR.

Baca Juga: Buyback Saham BBRI Dilakukan sampai Agustus 2023, Total Maksimal Rp3 Triliun

Sementara itu, Tim Riset MNC Sekuritas mengatakan, IHSG ditutup menguat 0,4persen ke level 7.159 pada perdagangan Selasa (30/8/2022).

Penguatan IHSG diiringi dengan peningkatan tekanan beli dan sempat menembus resistance 7.200.

“Kami memperkirakan, posisi IHSG sedang berada di wave ii dari wave (a) dari wave [d] pada label hitam atau wave (E) pada label merah sehingga IHSG diperkirakan masih rawan terkoreksi untuk menguji area 6.973-7.065 sebagai level koreksi terdekat,” tulis Tim Riset MNC Sekuritas, Rabu (31/8/2022).

Pada bullish skenario, Tim Riset MNC Sekuritas memperkirakan pergerakan IHSG sedang berada di awal wave [v] dari wave 1, sehingga akan berpeluang menembus resistance 7.230 dan menuju ke 7.355.

MNC Sekuritas memperkirakan support IHSG akan berada pada level 7.020-6.900, dan resistance di level 7.200-7.230. Berikut adalah saham-saham pilihan MNC Sekuritas: ADHI, GOTO, PTPP, dan TLKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya