SOLOPOS.COM - Emas Antam (Bisnis)

Solopos.com, SOLO Mungkin ada yang ingin berinvestasi tapi belum tahu cara membeli emas di Pegadaian.

Emas, terutama emas batangan disebut sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Banyak orang yang terdorong untuk berinvestasi emas termasuk membelinya di PT Pegadaian. Namun mungkin ada yang masih ragu atau belum tahu cara membeli emas yang aman di Pegadaian.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Untuk memperoleh emas di Pegadaian, Anda bisa menggunakan beberapa cara, yaitu dengan cara menabung, angsuran, maupun membelinya secara tunai.

Berikut cara membeli emas di Pegadaian mengutip dari laman resminya, Minggu (7/5/2023):

Beli Emas Secara Menabung

Tabungan Emas Pegadaian merupakan layanan pembelian serta penjualan emas menggunakan sarana titipan dengan harga mulai Rp 5.000 (mulai berat 0,01 gram). Layanan ini memang diperuntukkan bagi masyarakat yang mau berinvestasi emas dengan dana yang fleksibel.

Tabungan Emas cocok bagi yang menginginkan fleksibilitas, karena Anda dapat menabung emas dalam jumlah berapa pun sesuai keinginan. Cara membeli emas di Pegadaian dengan Tabungan Emas adalah sebagai berikut:

Membuka rekening Tabungan Emas di kantor cabang Pegadaian disertai fotokopi KTP/Paspor/SIM yang masih berlaku.
Mengisi formulir rekening tabungan dengan membayar anggaran administrasi serta biaya penitipan Rp2.500 per bulan atau selama satu tahun senilai Rp30.000.

Pembelian emas bisa dilakukan mulai dengan 0,01 gram. Semisal Anda ingin membeli emas berat 1 gram maka akan dikalikan dengan harga emas hari itu per 0,01 gramnya (contoh Rp860). Jadi, Anda harus membayar sebesar Rp586.000.
Apabila menginginkan fisik kepingan emas, Anda bisa melakukan pencetakan dan akan dikenai biaya cetak sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi Anda harus mengeceknya setiap hari.

Adapun pilihan ukuran pencetakan emas, yakni 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.
Jika Anda membutuhkan uang segera, Tabungan Emas bisa dijual kembali dengan minimal penjualan seberat 1 gram di Pegadaian.

Beli Emas Secara Angsuran

Cara membeli emas di Pegadaian selanjutnya adalah dengan layanan pembelian emas secara angsuran yang ditawarkan melalui program Mulia Personal, Mulia Kolektif, dan Mulia Arisan.

Mulia Personal merupakan layanan pembelian emas batangan secara angsuran perorangan di kantor cabang Pegadaian dengan tujuan investasi melalui proses yang mudah dan cepat.

Mulia Kolektif adalah layanan pembelian emas secara angsuran berkelompok dengan minimal anggota 6 orang. Sedangkan Mulia Arisan adalah layanan investasi emas secara angsuran bagi kelompok arisan dengan jumlah anggota minimal 6 orang.

Keuntungan yang didapat melalui program tersebut adalah pembayaran uang muka rendah, cicilan tidak dipengaruhi fluktuasi harga emas, pilihan investasi mulai dari 1 gram hingga 1 kg, waktu pembayaran dari satu bulan hingga 36 bulan, serta cicilan dapat diangsur di seluruh kantor pegadaian maupun melalui anjungan tunai mandiri.

Program ini sesuai bagi Anda yang menyukai berinvestasi secara tetap bulanan dan terjadwal, karena Anda harus membayar angsuran sesuai dengan kesepakatan,

Beli Emas Secara Tunai

Cara membeli emas di Pegadaian berikutnya adalah secara tunai melalui program Mulia Tunai. Program ini merupakan layanan pembelian emas secara tunai di seluruh kantor Pegadaian Galeri 24 dengan persyaratan melampirkan identitas diri.

Anda bisa memilih emas dengan berat mulai dari 1 gram hingga 1 kg. Anda akan mendapatkan sertifikat dan kuitansi. Simpan baik-baik keduanya karena dokumen ini akan dibutuhkan saat Anda ingin menjualnya kembali.

Perlu Anda ketahui, semakin kecil jumlah emas yang dibeli, maka harga per gramnya akan semakin mahal. Namun, saat Anda hendak menjual kembali, emas dengan berat kecil akan cepat terjual dibandingkan emas batangan dalam jumlah besar.

Cara Membeli Emas Pegadaian secara Online

Sebelum membeli emas, pengguna diwajibkan untuk membuka rekening tabungan emas. Berikut ini cara membeli emas dilansir dari aplikasi Pegadaian Digital:

  1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital di Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  2. Siapkan kartu identitas KTP atau Paspor dan pastikan nomor ponsel yang terdaftar di Pegadaian Digital aktif
  3. Daftar atau login menggunakan nomor ponsel dan password Pilih “Buka Tabungan Emas” Masukkan data diri dan ambil foto kartu identitas
  4. Setelah mengisi data diri secara lengkap, baca syarat dan ketentuan yang berlaku.
  5. Klik “Setuju” dengan mencentang checkbox Klik “Selanjutnya”
  6. Pilih cabang Pegadaian untuk mengambil buku Tabungan Emas Konfirmasi Buka Rekening
  7. Pilih metode pembayaran untuk setoran awal sesuai nominal yang sudah ditentukan
  8. Selesai, setelah sukses melakukan pembayaran, Anda akan menerima notifikasi dan Tabungan Emas sudah dibuat
  9. Setelah itu Anda dapat melakukan pembelian emas dengan klik “Beli Emas” Pilih “Rekening Sendiri” atau “Rekening Lain”
  10. Masukkan jumlah pembelian emas dalam Rupiah dan Gram
  11. Klik setuju dengan syarat dan ketentuan, kemudian pilih “Selanjutnya” Layar akan menampilkan konfirmasi pembelian tabungan emas
  12. Lakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih dan instruksi yang tertera
  13. Setelah melakukan pembayaran dan sukses, saldo Tabungan Emas akan otomatis bertambah dan kini Anda telah berhasil membeli emas.

Cara beli emas lewat fitur Cicil Emas

  1. Buka aplikasi Pegadaian Digital
  2. Daftar atau log in akun jika telah memiliki Pilih menu “Cicil Emas” Pilih “Cicil Emas Batangan”
  3. Pilih merek emas apa yang ingin Anda cicil. Pegadaian menyediakan logam mulia dari Aantam, UBS, Lotus Archi, dan Galeri24
  4. Pilih denominasi dan klik “Tambah”
  5. Pilih jumlah emas batangan yang ingin dicicil Klik “Selanjutnya”
  6. Pilih jangka waktu, uang muka, dan cabang pengambilan Angsuran akan muncul otomatis setelah pengisian bagian uang muka
  7. Klik setuju dengan syarat dan ketentuan Setelah layar akan menampilkan konfirmasi pembayaran, pilih bank untuk melakukan pembayaran
  8. Kemudian Anda akan menerima notifikasi SMS untuk melakukan pembayaran uang muka
  9. Setelah pembayaran berhasil, kini Anda telah sukses membeli emas melalui fitur “Cicil Emas”

Perlu dipahami bahwa pembelian dan penjualan emas melalui Tabungan Emas dilakukan berdasarkan harga beli dan harga jual yang ditetapkan oleh Pegadaian, bukan referensi harga lain.

Harga emas beli dan jual setiap hari juga bisa dilihat di aplikasi Pegadaian Digital. Demikian informasi seputar cara beli emas di Pegadaian secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital. Pembelian emas secara online di aplikasi ini bisa dengan memanfaatkan fitur Tabungan Emas Pegadaian dan Cicilan Emas.

Itulah ulasan tentang cara membeli emas di Pegadaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya