SOLOPOS.COM - Dito Ariotedjo (kedua dari kiri) dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Istana Negara Jakarta, Senin (3/4/2023). (Istimewa/kemenpora)

Solopos.com, SOLO – Mungkin ada yang penasaran berapa dan darimana sumber kekayaan Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang baru saja ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Dito Ariotedjo menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) di Istana Negara Jakarta, Senin (3/4/2023). Dalam tayangan siaran langsung di Youtube Sekretariat Presiden, keduanya dilantik bersama dengan pengambilan sumpah Wakil Ketua Mahkamah Agung, Sunarto.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Ario Bimo Nandito atau yang lebih dikenal dengan nama Dito Ariotedjo  menduduki kursi  Menpora menggantikan Zainudin Amali yang telah mengundurkan diri.

Nama Dito Ariotedjo merupakan usulan dari Ketua Umum Golkar Airlangga Haratanto. Dito merupakan anggota dari partai politik Golkar melihat dari salah satu postinganya di media sosial Instagram miliknya @ditoariotedjo.

Dito Ariotedjo merupakan anak dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo. Ayah Dito sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) pada 2017-2019.

Tentang kekayaan Dito Ariotedjo belum ada informasi secara pasti. Namun pria kelahiran 25 September 1990 ini sudah cukup berpengalaman di dunia politik.

Dito Ariotedjo merupakan kader Partai Golkar periode 2016-2021. Ia juga sempat menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang merupakan organisasi pemuda di bawah naungan Partai Golkar pada 2019-2022. Selain itu, ia juga dikenal sebagai tim ahli di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) ini juga merupakan seorang pengusaha. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Dito pernah menjalankan sejumlah bisnis.

Pria berusia 32 tahun ini memiliki bisnis di bidang energi dan pertambangan. Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti nama perusahaan atau bisnis yang dijalankan Dito Ariotedjo.

Pada 2010 silam, Dito Ariotedjo diketahui menjalankan bisnis di bidang teknologi dengan nama startup Grapura. Bisnis ini juga memiliki coworking space. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa bisnis di bidang teknologi tersebut sudah tidak lagi beroperasi.

Pada 2021, Dito Ariotedjo menjalin kerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk menjalankan bisnis RANS Sport. Saat ini, Dito memegang jabatan sebagai Chairman RANS Nusantara FC dan Chairman RANS PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Kiprahnya di dunia olahraga cukup mentereng. Sebelumnya, pada 2018 Dito Ariotedjo dipercaya oleh Kemenpora dan Komite Olimpiade Indonesia menjadi Chef de Mission atau Ketua Kontingen Indonesia pada perhelatan Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina.

Itulah ulasan tentang kiprah dan kekayaan Dito Ariotedjo yang ditunjuk sebagai Menpora yang baru dalam pemerintahan Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya