SOLOPOS.COM - Ilustrasi modal usaha UMKM. (freepik)

Solopos.com, SOLO  Bank Indonesia (BI) mengeluarkan strategi baru guna meningkatkan pembiayaan UMKM. Strategi ini berupa multichannel financing (MCF) yaitu rantai nilai usaha yang terhubung dengan korporasi atau aggregator.

Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono dalam Seminar Nasional tentang Pembiayaan UMKM Melalui MCF, Jumat (17/2/2023), menyampaikan agunan dan ketersediaan laporan keuangan menjadi salah satu kendala utama bagi bank untuk masuk ke pasar UMKM. Multichannel financing menjadi terobosan model bisnis pembiayaan yang dapat meringankan debitur karena terdapat jaminan dari mitra/anchor/principal sebagai pihak yang turut menjadi penyangga kredit antara lembaga pembiayaan dan UMKM,” ujarnya pada kesempatan itu seperti dilansir laman resmi Bank Indonesia.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Saat ini, UMKM berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. BI melaporkan jumlah UMKM yang saat ini mencapai 64,2 juta mencatat kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. Jumlah ini lebih besar jika dibandingkan dengan negara di ASEAN lainnya.

Di sisi lain, nilai kredit yang disalurkan UMKM di Indonesia terhadap PDB nasional sebesar 7%, terbilang rendah apabila dibandingkan dengan kinerja negara tetangga yang melampaui 15%. Selain itu, porsi kredit UMKM terhadap total kredit perbankan di Indonesia berkisar di 20%, masih di bawah target arahan Presiden sebesar 30% di 2024.

Untuk memenuhi perluasan pembiayaan membutuhkan model bisnis pembiayaan rantai pasok yang sesuai dengan keahlian, preferensi, model bisnis bank, dan sesuai kebutuhan UMKM. Melalui skema MCF, perusahaan mitra dapat menyampaikan rekomendasi UMKM yang layak untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan maupun lembaga pembiayaan.

Kajian yang disusun untuk memotret berbagai model bisnis generik multichannel financing ini diharapkan dapat menjadi referensi strategi bagi lembaga keuangan, korporasi, serta UMKM, dalam mendorong peningkatan akses keuangan UMKM di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya