SOLOPOS.COM - 3K Esport Reborn, komunitas player yang membuktikan Internet bisa dimanfaatkan untuk meraih hal-hal positif sebagai pro gamers.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Kemajuan teknologi memungkinkan layanan internet tanpa putus sepanjang hari. Mau main games, scrolling medsos, atau internetan seharian pun bisa. Namun, apa cuma itu yang bisa kita dapat dari internet? Tidak donk!

Di era digital sekarang, keberadaan fasilitas Internet ini bisa menjadi modal untuk meraih tujuan alias target lain. Sangat disayangkan kita sudah keluar Rupiah untuk langganan, namun tidak mendapat nilai lebih dari Rupiah tersebut.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Adalah 3K Esport Reborn, komunitas player yang membuktikan Internet bisa dimanfaatkan untuk meraih hal-hal positif. Pada momentum Hari Pendidikan Nasional ini, simak cerita salah satu member 3K Esport Reborn yang memanfaatkan internet dengan sehat. Internet adalah modal, internet adalah pintu cuan dan kesuksesan, asal dikelola dengan benar.

Bagi Raul “Lanzini” Aditya Nugroho, bermain games awalnya hanya hobi yang kerap dilakukan kala nongkrong bareng kawan sebaya di kawasan Palur, Sukoharjo, Jawa Tengah. Raul dan kawan-kawannya biasa main bareng game online di warung internet (warnet). Ketika era game warnet usai, digantikan game online di handphone, Raul pun ikut arus.

“Awalnya main game, PUBG, buat have fun aja. Terus lama-lama mikir, kok kayak nggak ada manfaatnya ya. Akhirnya sama teman-teman mulai ikut kompetisi online di 2019,” kata Raul saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (27/4/2023).

Selama pandemi Covid-19, kompetisi game online sering digelar. Tak pelak 3K Esport Reborn pun makin kaya pengalaman. Dari turnamen online kecil-kecilan, setelah pandemi mereda mereka memberanikan diri ikut serta kompetisi offline. Hasilnya pun memuaskan, 3K Esport Reborn kerap menyabet juara.

Gegara sering tampil offline itulah, nama komunitas ini makin dikenal. Alhasil, banyak player luar Sukoharjo yang ingin bergabung sehingga sampai kini 3K Esport Reborn memiliki tim-tim cabang di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Surabaya, Semarang, Sumatra, hingga Tarakan, Kalimantan Utara.

Dari hanya have fun, sekarang anggota komunitas ini bisa mendapatkan pengalaman, relasi, dan tentunya cuan. “Sistem 3K Reborn, dimodali dulu, ngumpulin [uang] buat biaya operasional turnamen offline, makan, daftar turnamen. Uang hasil juara masuk kas. Tidak langsung di-share berempat [satu tim empat orang], kita pakai dulu untuk ongkos turnamen selanjutnya. Sharing [uang hasil kompetisi] sekitar sebulan sekali,” kisah Raul.

Dia menambahkan saat ini 3K Esport Reborn rutin mengikuti kompetisi game online maupun offline. Dalam sebulan, setidaknya ada dua kompetisi offline dan 2-4 kompetisi online yang diikuti. Dengan keaktifan anggota, Raul berharap ke depan ada pihak-pihak yang berkenan mendukung sebagai sponsor.

Selain rajin berkompetisi esport, anggota komunitas ini berkomitmen tetap fokus menyelesaikan pendidikan. Anggota 3K Esport Reborn rata-rata masih duduk di bangku SMA tingkat akhir dan kuliah.

Membuat Konten

Untuk menambah modal berkompetisi, komunitas ini juga rajin membuat konten tentang tips bermain game di media sosial Tiktok. “Anak-anak buat konten Tiktok juga. Viewers lumayan banyak sampai FYP [for your page atau video rekomendasi Tiktok], jadi dapat [cuan] juga dari Tiktok itu. Kontennya lebih ke bagaimana cara bermain PUBG, trik main, dan semacamnya,” imbuh dia.

Raul berharap ke depan anggota 3K Esport Reborn bisa jadi player profesional dan bisa berkompetisi di tingkat dunia serta membanggakan Indonesia. Mereka meyakini Esport merupakan cara sehat untuk memanfaatkan fasilitas digital, termasuk jaringan internet, yang kini makin berkualitas.

“Daripada ngabisin uang beli kuota, mending cari uang di Internet lewat Esport dan bikin konten yang memang dicari orang,” ujarnya.

Apa yang dilakukan 3K Esport Reborn sejalan dengan harapan Telkom Group sebagai penyedia layanan Internet. General Manager Telkom Witel Solo, Nanang Setiyo Utomo, mengatakan Telkom memiliki layanan internet Indihome dan layanan internet wireless yang berkualitas.

Dengan layanan berkualitas itu, banyak hal yang bisa dilakukan pelanggan baik untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, pengembangan kapasitas diri, hingga membuka peluang usaha atau cuan sekaligus menggunakan internet untuk kegiatan yang positif dan produktif.

“PT Telkom terus berupaya maksimal untuk menyediakan layanan Internet yang handal dalam membantu pelanggan untuk mengembangkan bisnisnya, edukasi dan banyak hal produktif lainnya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya