SOLOPOS.COM - Suasana di Sinar Kosmetik di Jl. Garuda Mas, Kartasura, Sukoharjo, pada Selasa (11/6/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Produk kecantikan lokal merek Wardah menjadi produk paling diminati masyarakat. Selain secara nasional, masyarakat Kota Solo juga meminati produk ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Demand Creation Officer Wardah Solo, Layla Suci Naylufar, saat dihubungi Solopos.com pada Selasa (13/6/2023). Ia menyebut produk Wardah kategori face care tengah diminati oleh masyarakat.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Iya di Solo sendiri, Wardah juga masih menjadi brand paling besar, termasuk dalam kategori face care,” papar Layla.

Berdasarkan survei Populix Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle August 2022 yang diakses Solopos.com, pada Selasa, mayoritas responden memilih menggunakan brand lokal. Adapun merek lokal paling digemari adalah Wardah, Emina, Make Over.

Dari 448 responden yang memilih menggunakan produk lokal, sebanyak 48% mengaku menggunakan produk merek Wardah. Kemudian, Emina (40%), Make Over (22%), Somethinc (19%), dan Purbasari (15%). Alasan mereka menggunakan produk lokal beragam, misalnya harga terjangkau, kualitas produk mirip dengan produk terkenal, value for money, aman digunakan, dan manfaat dari produk.

Survei tersebut menjelaskan pada penggunaan basic skincare, berupa face serum, face mousturizer, sunblock cream, eye cream, dan peel of mask. Dengan total responden sebanyak 10.616 orang.

Sementara itu, sebanyak 77% responden membeli produk skincare paling tidak sekali dalam sebulan dengan jumlah pengeluaran lebih dari Rp250.000. Setengah responden mengaku memilih menggunakan fitur online untuk membeli produk misalnya dari e-commerce dan media sosial.

Salah satu warga Solo, Afina, yang ditemui Solopos.com di sela-sela membeli produk kosmetik di Sinar Kosmetik, Kartasura, mengaku menghabiskan Rp200.000 hingga Rp250.000 dalam sekali berbelanja kebutuhan kecantikannya. Ia membeli beberapa produk lokal, misalnya pelembap wajah untuk siang dan malam masing-masing seharga Rp37.000. Afina biasanya membeli merek Wardah dan Emina karena sesuai kantong mahasiswanya.

Warga lainnya, Erniwati mengaku lebih memilih mengeluarkan uang lebih banyak untuk memilih produk yang sedang booming. Ia mengaku suka mencoba beberapa produk baru dengan formula yang berbeda. Ia biasanya membeli produk dari Scarlett, Somethinc, dan Skintific yang tengah viral di media sosial. Erniwati mengaku dalam sebulan bisa menghabiskan Rp500.000 hingga Rp650.000 dalam sebulan khusus untuk perawatan wajah dan tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya