SOLOPOS.COM - Ilustrasi harga tanah (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah berupaya mencari mekanisme terbaik untuk menentukan harga tanah yang adil. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil, menuturkan memang masih ada kendala dalam menetapkan harga tanah.

Sofyan mengatakan harga tanah menjadi hal yang semakin penting akhir-akhir ini dan juga di masa depan. Hal itu karena pemerintah dalam hal ini, sangat serius untuk memajukan infrastruktur terkait jalan tol, bandara, dan keperluan lainnya.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Baca Juga: Harga Tanah di Solo Baru Capai Rp25 Juta/M2, Minat Beli Lur?

“Untuk itu, di masa depan perlu dilakukan rekonstruksi penggunaan tanah, terutama untuk mengantisipasi perubahan iklim yang terjadi,” ujarnya dikutip dari Laman Kementerian ATR/BPN, Jumat (10/12/2021).

Menurut Sofyan, diperlukan adanya penentuan harga tanah secara umum sehingga di Indonesia diharapkan memiliki sistem yang beroperasi secara nasional. “Bantuan teknis dari Bank Dunia diharapkan juga dapat mewujudkan nilai tanah yang berkeadilan dan meminimalkan spekulasi dari para spekulan yang bisa membuat kenaikan harga tanah tidak sesuai dengan mekanisme pasar,” tuturnya.

Baca Juga: Harga Tanah Gentan Sukoharjo vs Colomadu Karanganyar, Mahalan Mana?

Sementara, Practice Manager/Urban, Land and Disaster Risk Management World Bank Ming Zhang menuturkan jika Kementerian ATR/BPN telah menjadi mitra penting Bank Dunia dalam mendukung program keduanya (Kementerian ATR/BPN dan Bank Dunia). Seperti diberitakan Bisnis.com, Jumat, Bank Dunia akan memberikan dukungan teknis berupa masukan dan mendukung Kementerian ATR/BPN terkait dengan perencanaan tata ruang.

“Untuk di Indonesia, Bank Dunia akan mengadakan proyek percontohan dalam menguji sistem penilaian harga digital. Tujuannya, nanti agar sistem ini dapat diintegrasikan dengan sistem penentuan harga bangunan. Bank Dunia juga membantu pemerintah dalam mengembangkan sistem penentuan harga properti atau tanah serta mendukung administrasi perpajakan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya