SOLOPOS.COM - Orang bersepeda (linksehat)

Solopos.com, SOLO -- Akhir-akhir bersepeda menjadi sangat digemari di kalangan masyarakat. Tren ini membuat sejumlah merek sepeda mencuat ke permukaan. Banyak merek sepeda lokal yang mulai menguasai pasar.

7 Bulan, 50 Pesepeda Terlibat Kecelakaan di Klaten

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah merek sepeda lokal yang berjaya di negeri sendiri;

Polygon

Inilah merek sepeda lokal Indonesia yang paling populer di kalangan masyarakat. Polygon termasuk dalam golongan merek sepeda tertua di Indonesia. Didirikan oleh PT Insera Sena sejak 1989, Polygon berpusat di Buduran Sidoarjo.

Merek ini mulai diakui dunia pada tahun 2012, lewat inovasi teknologi sepeda gunung floating suspension system. Teknologi ini diakui media Jerman sebagai sepeda gunung dunia, yang memiliki teknologi otentik.

Sponsor utama team sepeda polygon UR team memiliki produk yang lengkap. Hampir semua jenis sepeda ada. Mulai dari harga satu juta sampai diatas 100 juta. Sepeda termahal Polygon adalah sepeda Downhill Xquarone EX9 yang mencapi 102 juta rupiah. Harga yang ditawarkan Polygon juga sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Sejauh ini, Polygon telah melakukan distribusi di 32 negara dan memiliki 650 otlet resmi yang tersebar di seluruh dunia.

Ngeri, Ini Deretan Sepeda Roadbike Termahal Dunia

United

Merek sepeda United mulai diproduksi pada tahun 1991 oleh PT. Terang Dunia Internusa. Pabrik sepeda United terletak di Kawasan Gunung Putri dan Citerureup, Bogor. Pabrik ini bisa memproduksi sampai satu juta unit per tahun.

Belakangan ini United mulai banyak mengembangkan sepeda listrik, seperti E-Trifold, dan juga sepeda gravel yang modern yaitu United Gavriil. Pilihan sepeda United juga terbilang sangat lengkap. Mulai dari sepeda gunung, road bike, BMX, sepeda lipat hingga sepeda touring dan sepeda anak.

Sepeda gunung United mungkin bukan yang paling murah, tetapi banyak diminati karena memakai komponen yang terbaru.

Pacific

Merek sepeda Pacific merupakan merek sepeda lokal di bawah naungan PT Roda Pasifik Mandiri. Berpusat di Semarang Jawa Tengah sejak tahun 1995, Pacific dikenal karena model dan desainnya yang bagus.

Awalnya Pacific hanya fokus pada sepeda anak, kini Pacific mulai masuk ke sepeda gunung, BMX, sepeda balap, dan sepeda lipat. Pacific termasuk salah satu merek yang cepat dalam berinovasi. Sekarang merek ini mempunyai sepeda lipat listrik, sepeda gunung listrik (e-MTB), dan sepeda-sepeda premium yang harganya diatas 30 juta.

Sepeda lipat Noris Pacific saat ini menjadi yang paling banyak diminati. Karena memiliki banyak model dengan spesifikasi dan desain yang unik. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari 2,5 jutaan. Beberapa merek sepeda lain yang masih satu group dengan Pacific adalah Exotic, Turanza, dan Aviator, yang harganya lebih murah dibandingkan sepeda Pacific.

Tung Pang Cycling, Pesepeda Seksi yang Foto-Fotonya Bikin Ngilu

Wimcycle

Wimcycle merupakan merek legendaris di Indonesia. Sudah ada sejak tahun 1972, Wimcycle pernah menguasai 90% pasar sepeda Indonesia. Merek ini dulu identik dengan sepeda anak sekolah.

Awalnya PT Wijaya Indonesia Makmur, yang menaungi merek Wimcycle ini hanya memproduksi spare part sepeda, yang juga di eksport ke luar negeri untuk merek-merek Lokie, Sparta, Mongoose, Kawasaki, dan lain lain. Sampai akhirnya memutuskan untuk membuat sepeda sendiri.

Wimcycle terkenal dengan dua produk unggulan sepeda gunungnya. Kedua seri itu adalah seri Adrenaline Agent, dan seri Thrill Agent. Saat ini lebih dari 20 negara menjadi sasaran distribusi sepeda Wimcycle.

Element

Merek Element berada di bawah naungan PT. Roda Maju Bahagia. Berpusat di Kendal Jawa Tengah sejak 2016. Produk-produk Element banyak diminati karena memiliki tampilan yang menarik, harga bersaing, dan pemakaian teknologi yang modern.

Produk sepeda Element meliputi sepeda gunung (MTB), police bike, hingga road bike. PT Roda Maju Bahagia ini memproduksi Element dengan beragam merek lain, seperti Police, RMD, dan Alton. Selain itu Element juga mempunyai lisensi, dan berkolaborasi untuk memproduksi sepeda luar terbaik, seperti Camp, FolfZ, dan Dahon. Yang pastinya tidak hanya untuk pasar Indonesia, tetapi mancanegara.

Indah Pranataning Tyas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya