SOLOPOS.COM - Ruas Jalan Tol Trans Jawa. (Andhika Wahyu)

Solopos.com, JAKARTA–Bagi Anda yang akan mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta menuju Solo bisa melalui jalan tol Trans Jawa.

Baca Juga: Ada Tol Trans Jawa, Pengamat: Tinjau KA Cepat Jakarta-Semarang-Surabaya

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Seperti diketahui pemerintah resmi memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran usai dua tahun sebelumnya harus ditangguhkan akibat pandemi Covid–19.

Bagi pemudik yang ingin menggunakan jalur darat, dapat melalui jalur tol Trans Jawa. Tol Trans Jawa yang beroperasi membentang dari Merak hingga Probolinggo panjang 1.167 km terdiri atas 20 ruas tol.

Pengguna jalan tol bisa semakin mudah melakukan perjalanan jarak jauh berkat adanya ruas tol Trans Jawa yang menyambung dari Jakarta hingga Jawa Tengah dan bahkan ke Jawa Timur.

Bagi pemudik yang akan menuju ke Solo di Jawa Tengah dapat mengakses rute tol Jakarta–Solo dengan jarak sekitar 536 kilometer. Para pemudik pun perlu mengetahui besaran tarif tol agar dapat menyiapkan dana di kartu E–toll demi kelancaran perjalanan.

Baca Juga: Tol Trans Jawa Bikin Orang Singgah di Solo? Ini Penjelasan Gibran

Perjalanan Jakarta hingga Solo yang menempuh waktu sekitar tujuh jam melintasi ruas tol Jakarta–Cikampek, tol Cikopo–Palimanan, tol Palimanan–Kanci, tol Kanci–Pejagan, tol Pejagan–Pemalang, tol Pemalang–Batang, tol Batang–Semarang, dan tol Semarang–Solo.

Berdasarkan data tarif tol dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), untuk menuju ke Solo, para pemudik perlu menyiapkan dana kartu E-toll untuk membayar tol senilai Rp438.500.

Perincian tarif untuk kendaraan Golongan I yang meliputi sedan, jip, pick up, truk kecil, dan bus:

– Ruas Jakarta–Cikampek: Rp20.000
– Ruas Cikopo–Palimanan: Rp119.000
– Ruas Palimanan–Kanci: Rp12.500
– Ruas Kanci–Pejagan: Rp29.500
– Ruas Pejagan–Pemalang: Rp60.000
– Ruas Pemalang–Batang: Rp45.000
– Ruas Batang–Semarang: Rp86.000
– Ruas Semarang–Solo: Rp66.500

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Mau Mudik Lebaran Pakai Mobil? Ini Tarif Tol Jakarta–Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya