SOLOPOS.COM - Petugas membantu pengendara mobil untuk menggunakan kartu uang elektronik saat memasuki area parkir di Stasiun Solo Balapan, Solo, Kamis (1/2/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Services menerapkan penggunaan metode pembayaran nontunai atau cashless di Stasiun Solo Balapan sejak, Kamis (1/2/2024).

Stasiun Solo Balapan tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk pembayaran parkir. Pengguna kendaraan bermotor diharuskan menggunakan kartu uang elektronik atau e-money untuk semua jenis kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Manager Humas KAI Services, Nyoman Suardhita menguraikan penggunaan kartu e-money ini dilakukan agar pelanggan lebih mudah dan praktis saat keluar masuk area parkir Stasiun Solo Balapan.

“Diharapkan bisa mempermudah para pengguna area parkir di Stasiun Solo Balapan dalam melakukan transaksi pembayaran,” ujar Nyoman dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, pada Kamis (1/2/2024).

Mulai 1 Febuari 2024 ini pihaknya sudah menerapkan penggunaan kartu e-money sebagai alat pembayaran transaksi parkir di Stasiun Solo Balapan.

Selain lebih praktis, menurut Nyoman penggunaan kartu e-money ini juga dimaksudkan untuk mengurangi antrean kendaraan di pintu keluar stasiun saat jam padat.

Nyoman menambahkan kartu e-money yang dapat digunakan antara lain, Tapcash (Bank BNI), e-money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Flazz (Bank BCA), serta Kartu Multi Trip (KMT) KRL.

Pengguna parkir diharapkan dapat memastikan terlebih dahulu saldo di kartu e-money cukup saat melakukan transaksi di pintu keluar area parkir Stasiun Solo Balapan yang berlokasi di Jl. Wolter Monginsidi No. 112 Kestalan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Nyoman menyebut sistem pembayaran cashless ini menjadi bagian dari pelayanan KAI Services untuk semua pelanggan yang menggunakan jasa parkir di area parkir yang dikelola oleh KAI Services.

“Harapan kami, dengan diberlakukannya sistem pembayaran cashless, pelanggan lebih praktis, mudah, dan aman ketika bertransaksi di area parkir KAI Services,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya