SOLOPOS.COM - Penjual melayani pembeli dalam Solo Legend Culinary Festival 2024, di Balai Kota Solo, pada Jumat (1/3/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO–Magnet festival kuliner di Kota Solo tidak pernah meredup. Bahkan, diyakini bakal lebih banyak agenda yang digelar pada 2024 menjelang momen Pilkada.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Solo Legend Culinary Festival 2024, Daryono, kepada wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (1/3/2024).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Festival yang dimeriahkan oleh 70 stan kuliner tradisional ini mampu menyedot kehadiran ribuan orang setiap hari mulai Kamis (29/2/2024) dan akan berakhir Minggu (3/2/2024).

“Pengunjung rata-rata per hari 1.000 orang. Digelar dua hari ini, pukul 11.00 WIB bothok dari Sragen itu sudah habis. Antusiasme masyarakat tinggi. Terutama ketika dipadukan dengan lomba,” terang Ketua Indonesian Kongres and Convention Associations (Inka) ini.

Daryono menjelaskan pengunjung yang hadir tidak hanya dari Solo. Menjelang Puasa, warga luar kota yang melakukan tradisi Sadranan juga ikut mampir ke festival kuliner tersebut.

Daryono menyebut masyarakat masih menyukai kuliner tradisional sehingga potensinya bisa lebih dioptimalkan. Misalnya dari inovasi penyajian, sajian menu, dan lain-lain.

Dia menilai dengan sentuhan yang tepat, makanan tradisional bisa menjadi makanan tamu-tamu pemerintah ataupun di perhotelan.

“Bagaimana inovasi makanan tradisional ditingkatkan, tidak hanya nyaman, karena kok murah. Tapi [kami] pengin makanan tradisional itu mempunyai tempat dan porsi dan harga yang memang proporsional,” ujar dia.

Ketua Komite Tetap Bidang MICE Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo ini menilai perkembangan industri meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) di Kota Bengawan tak pernah lesu.

“Untuk potensi [MICE] 2024, sangat bisa kita andalkan. Misalnya ada perhelatan Pilkada juga, tidak menyusutkan karena justru itu kan pertemuan banyak konsolidasi. Hotel-hotel juga pernah bagus, hanya memang length of stay kita memang perlu ditingkatkan. Itu yang jadi PR bersama tidak hanya pemerintah atau semua pelaku terkait,” ujarnya.

Sebelumnya, Program Director Parade Selera Rasa 2024, Krisna Putra, di Ndalem Padmosusastro Solo menguraikan festival kuliner digelar tahun lalu menyisakan banyak cerita yang menarik. Selama tiga hari festival kuliner pada 2023 mampu menyedot 141.000 pengunjung.

Krisna menuturkan kesuksesan acaranya bisa dilihat dari perputaran uang mencapai Rp15 miliar selama tiga hari. Bahkan, banyak produk kuliner dari pihak tenant habis jauh sebelum waktu tutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya