SOLOPOS.COM - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Istimewa/Youtube Kemenkeu)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan Indonesia memberikan dana hibah kepada Pemerintah Fiji sebesar Rp113,4 miliar sejak 2019 hingga nanti pada 2024.

“Dana tersebut dimanfaatkan untuk perbaikan sektor pendidikan dan penanganan pandemi Covid-19,” ujar Sri Mulyani dalam akun Instagram resmi @smindrawati seperti dilansir Antara, Kamis (4/5/2023). Pemberian dana hibah tersebut menjadi bukti hubungan bilateral Indonesia dengan Fiji terjalin erat. Fiji merupakan sebuah negara kepulauan di perairan Samudera Pasifik, merupakan salah satu mitra Indonesia.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Di bidang perdagangan, Fiji turut menjadi mitra Indonesia. Pada 2022, ekspor Indonesia ke negara tersebut mencapai 40,48 juta dolar AS yang didominasi oleh komoditas semen, besi, dan olahan tembakau, yang mana jumlah tersebut meningkat 40 persen dibandingkan 2021. Untuk semakin mempererat kerja sama dengan Fiji, Sri Mulyani bertemu dengan Deputy Prime Minister and Minister for Finance of Fiji Biman Prasad di sela rangkaian ADB Annual Meeting dan ASEAN Chairmanship AFMGM+3 di Korea Selatan, Rabu (3/5/2023).

Pertemuan itu membahas tantangan ekonomi global saat ini berupa tekanan inflasi yang dipicu tingginya harga energi dan komoditas. Menkeu juga berbagi pengalaman tentang pengelolaan krisis di Indonesia melalui konsolidasi fiskal dan keuangan serta koordinasi kebijakan yang solid.

“Kami juga membahas pentingnya koordinasi dan kerja sama multilateral untuk mengatasi tantangan global, termasuk krisis energi dan pangan,” tambahnya. Saat ini, kata dia, Indonesia dan Fiji tergabung dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) bersama 12 negara lainnya di kawasan Indo-Pasifik untuk mewujudkan pertumbuhan yang adil dan merata.

Melalui pertemuan tersebut, Sri Mulyani berharap kegiatan perdagangan dan investasi bilateral antara Indonesia dan Fiji dapat semakin diperkuat untuk saling mendukung pemulihan ekonomi kedua negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya