SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan asing (Dok/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) mengungkapkan badan khusus untuk promosi pariwisata di Indonesia sangat penting dibentuk sehingga bisa menggaet lebih banyak minat wisatawan mancanegara dan menjadikan Indonesia pemimpin dalam industri pariwisata di kawasan ASEAN.

Ketua Umum GIPI Haryadi Sukamdani mengatakan hal yang membuat Indonesia belum maksimal menggaet wisatawan mancanegara ialah karena tidak adanya badan khusus atau tourism board seperti di negara-negara tetangga.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Tourism board itu penting karena lebih mengeksekusi program promosi dan juga koordinasi dengan para stake holder di industri. Makanya tidak heran kan di negara-negara tetangga promosi pariwisatanya rapih,” kata Haryadi di Jakarta, Selasa (11/4/2023) malam.

Kegiatan promosi yang dimaksud tidak hanya meliputi penciptaan citra pariwisata saja, tapi juga menyediakan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh calon wisatawan.

Sayangnya, Indonesia masih belum bisa mengakomodasi hal tersebut dan bisa dibilang tertinggal dari negara anggota ASEAN lainnya.

Haryadi kemudian mencontohkan terkait daftar kegiatan acara selama satu tahun, untuk negara-negara anggota ASEAN lainnya yang memiliki Tourism Board seperti Malaysia, Singapura, hingga Thailand rata-rata semua memiliki kalender acara yang terbarukan.

“Tapi di Indonesia meski tulisannya kalender event 2023, isi kegiatannya masih kegiatan dari 2022,” katanya.

Haryadi kemudian mengusulkan agar Indonesia bisa memiliki badan khusus yang berfokus pada promosi pariwisata maka pemerintah bisa membentuk badan layanan umum.

“Sebagai usulan kita mungkin bisa membuatnya sebagai Badan Layanan Umum (BLU) nanti pendanaannya menggunakan pola dana abadi atau endowment fund seperti yang diterapkan juga di LPDP di bawah Kemenkeu,”kata Haryadi.

Adapun terkait dengan posisi pariwisata Indonesia di ASEAN, diketahui hingga 2019 Indonesia menempati posisi kelima untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Laporan kunjungan wisatawan mancanegara ke ASEAN yang dikumpulkan ASEANStat.org mengungkap bahwa pada 2019 Indonesia memiliki 16,1 juta kunjungan. Sedangkan untuk posisi teratas kunjungan wisatawan mancanegara di ASEAN dipegang oleh Thailand dengan jumlah kunjungan mencapai 39,9 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya