SOLOPOS.COM - Tulisan minyak goreng habis tertempel di pintu Indomaret Winong, Boyolalim Kamis (20/1/2022). (Solopos/Ni`matul Faizah)

Solopos.com, JAKARTA – PT Indomarco Prismatama atau Indomaret berupaya untuk terus membuka jalur distribusi. Hal itu menyusul rencananya untuk terus merambah pasar Indonesia bagian Timur seperti Sulawesi Tengah hingga Papua Barat.

Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama, Feki Oktavianus, mengatakan rencana tersebut diharapkan dapat menjangkau dan melayani masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Rencana Indomaret tahun 2022 ini sedang mempersiapkan jalur distribusi untuk dapat melayani masyarakat di wilayah Indonesia Timur, terutama di Palu, Kupang, dan Sorong,” jelas Feki, Rabu (27/4/2022).

Melansir dari lama resmi Indomaret, hingga Maret 2022 jumlah gerai yang tercatat sebanyak 19.891 dan diprediksi akan terus bertambah. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk.

Selain gerai Indomaret, PT Indomarco Prismatama milik Salim Group tersebut telah menghadirkan anak perusahaan, yakni Indogrosir dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.

Baca Juga: Prospek Tumbuh Positif, Kemendag Dorong Kemudahan Izin Usaha Ritel

Dalam rangka persiapan pengoperasian gerai di wilayah tersebut, Feki mengungkapkan pihaknya tengah gencar melakukan survei baik lokasi maupun kebutuhan masyarakat.

“Persiapan dari sisi logistik, baik survei lokasi maupun produk-produknya sedang disiapkan agar nantinya bisa men-supply toko-toko Indomaret yang akan beroperasi di sana,” lanjut dia.

Pengamat ritel, Yongky Susilo, mengatakan langkah peritel minimarket merek nasional dalam menyiapkan gerai di Indonesia Timur menjadi hal yang baik dan cukup menjanjikan, mengingat di wilayah Jawa yang sudah cukup jenuh.

Baca Juga: Genjot Literasi Investasi Syariah untuk Tambah Investor Ritel Domestik

Butuh perencanaan dan perhitungan matang untuk dapat membuka gerai di wilayah tersebut. Menurut Yongky, peritel harus memikirkan konsep yang cocok bagi kota-kota tersebut.

“Biasanya satu gudang itu untuk melayani sekitar 400 minimarket, apakah di sana jumlahnya akan segitu di sana? Mesti dipikirkan formatnya yang benar. Kalau minimarket tidak memungkinkan, mungkin bisa dibuka level supermarket, dua atau tiga unit mungkin cukup di satu wilayah,” kata Yongky, Rabu (27/4/2022).

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Perluas Pasar Indonesia Bagian Timur, Indomaret Siapkan Jalur Distribusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya