SOLOPOS.COM - Ilustrasi bunga bank (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA–Imbas kebijakan Federal Reserve System atau The Fed mengumumkan kebijakan kenaikan suku bunga atau Fed Funds Rate (FFR) sebesar 50 basis poin (bps), dari 0,25-0,50% menjadi 0,75-1,00%, analis ekonomi menilai Bank Indonesia diperkirakan akan menaikkan BI-7DRRR secara total sebesar 75 bps menjadi 4,25% pada 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni 3,50%.

Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Faisal Rachman mengatakan sikap The Fed lebih hawkish di tengah meningkatnya tekanan inflasi. Namun, pihaknya tetap melihat BI tak akan terburu-buru menaikkan BI-7DRRR.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Kami masih mengharapkan BI untuk mulai menaikkan BI-7DRRR di semester II/2022,” kata Faisal dalam keterangan resminya, Kamis (5/5/2022).

Diketahui, melonjaknya harga komoditas global akibat konflik antara Rusia dan Ukraina telah mendorong kinerja ekspor Indonesia dan memperpanjang rangkaian surplus perdagangan.

Hal ini, kata Faisal, dapat mendukung kondisi neraca transaksi berjalan serta menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah sampai tingkat tertentu.

“Kondisi tersebut bisa memberikan ruang yang cukup bagi BI-7DRRR untuk bertahan di level 3,50 persen untuk beberapa waktu,” jelasnya.

Menurut Faisal, BI akan menjaga stabilitas dengan meningkatkan rasio persyaratan cadangan (RRR) terlebih dahulu, dan mengurangi pelonggaran kuantitatif, sebelum menyesuaikan Bl-7DRRR.

Faisal berharap BI menjaga BI-7DRRR pada level saat ini di semester I/2022. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa waktu peningkatan BI-7DRRR akan sangat bergantung pada kondisi inflasi domestik yang diperkirakan akan meningkat secara fundamental dan substansial pada semester II/2022.

Sementara itu, Faisal melihat, BI akan melanjutkan langkah-langkah makroprudensial agar tetap akomodatif pada 2022 guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul BI Diprediksi Bakal Naikkan BI7DRR 75 Basis Poin

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya