SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual beli saham. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan akan kembali melakuka koreksi teknikal pada perdagangan hari ini, Senin (10/4/2023).

Saham HMSP, BANK, BBTN, dan CBRE menjadi saham-saham yang dapat dicermati hari ini.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Analis RHB Sekuritas Muhammad Wafi mengatakan IHSG terlihat melakukan rebound disertai volume namun dengan bearish candle dan tertahan resistance garis MA100.

IHSG berpeluang untuk melakukan koreksi teknikal untuk menguji support garis MA 20 dan MA 50, sekaligus tutup gap bawah Selama bertahan diatas support garis MA 20 dan MA 50, maka IHSG berpeluang untuk kembali rebound dan breakout resistance garis MA 100 dan MA 200 untuk melanjutkan fase bullish-nya.

“Range pergerakan IHSG saat ini berada di kisaran 6.750 hingga 6.900,” ujar Wafi dalam riset, Senin (10/4/2023) seperti dilansir Bisnis.

Beberapa saham yang mendapatkan rekomendasi adalah PT HM Samporena Tbk. (TLKM), PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN), dan PT Cakra Buana Resources Energi Tbk. (CBRE).

Di sisi lain, Tim Riset Phintraco Sekuritas mengatakan IHSG melanjutkan pelemahan ke level 6.792 pada Kamis (6/4/2023).

Stochastic RSI cenderung bergerak turun dari overbought area, didukung dengan indikasi deathcross dari MACD. “Sehingga, IHSG diperkirakan akan uji support level 6.750-6.760 hari ini,” tulis Tim Riset Phintraco Sekuritas, Senin (10/4/2023).

Sementara itu, resistance IHSG berada pada level 6.820 dengan support di 6.750. Dari eksternal, U.S. Unemployment rate turun ke 3,5 persen di Maret 2023, dari 3,6 persen di Februari 2023.

Dengan demikian, kondisi tingkat pengangguran di AS relatif kembali ke kondisi pre-pandemi. Sentimen lainnya, sejumlah negara akan merilis data inflasi pada pekan ini di antaranya adalah AS, Tiongkok dan Jerman.

Apabila realisasi inflasi dari sejumlah negara di luar ekspektasi, maka berpotensi menambah kekhawatiran akan arah kebijakan sukubuga acuan global dan potensi perlambatan ekonomi kedepannya.

Dari dalam negeri, akan dirilis data Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) per Maret 2023. Sebelumnya, IKK berada di 122.4 pada Februari 2023.

Hal tersebut menunjukkan tingkat konsumsi domestik cenderung membaik dan berada di atas level confidence yakni 100. Selain itu, lanjutan pengumuman dividen dari emiten di BEI berpotensi mempengaruhi pergerakan IHSG pekan ini. Dengan demikian, investor dapat memperhatikan saham-saham seperti ERAA, SSMS, HMSP, GGRM, WIIM, MAPI dan IRRA pada perdagangan Senin (10/4/2023).

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya