SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA —Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diprediksi akan melanjutkan penguatannya di perdagangan Rabu (12/4/2023) hari ini. Hal ini didorong beberapa katalis seperti aksi korporasi berupa pelaporan kinerja emiten, fluktuatifnya harga komoditas, dan rilis data ekonomi.

Pada perdagangan kemarin, Selasa (11/4/2023) IHSG ditutup menguat 0,59 persen ke posisi 6.811,31 setelah bergerak fluktuatif sepanjang sesi perdagangan. Tim riset MNC Sekuritas menyebut penguatan IHSG disertai munculnya volume pembelian.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Namun, penguatan IHSG tertahan oleh MA60. “Posisi IHSG saat ini diperkirakan sedang membentuk wave (b) dari wave [ii] dari wave C, sehingga IHSG masih berpeluang menguat untuk menguji rentang area 6.816-6.839,” tulis Tim Riset MNC Sekuritas, Rabu (12/4/2023).

MNC Sekuriitas melanjutkan, selama IHSG belum mampu break resistance 6.868 maka IHSG masih rawan terkoreksi kembali untuk membentuk wave (c) dari wave [ii] ke rentang area 6.667-6.705. MNC Sekuritas menuturkan support IHSG akan berada pada 6.704 dan 6.587, sementara resistance di 6.868 dan 6.890.

Senada, Analis RHB Sekuritas Muhammad Wafi mengatakan IHSG terlihat melakukan rebound dari support garis MA50 dan breakout resistance garis MA20, disertai volume untuk menguji resistance garis MA100.

“Jika mampu breakout resistance garis MA100 maka berpeluang untuk kembali membuat Higher High (HH) level dan melanjutkan fase bullish-nya,” tulis Wafi dalam risetnya, Selasa (12/4/2023).

Namun, lanjutnya, jika tidak mampu breakout resistance di garis MA100 maka IHSG berpeluang untuk kembali terkoreksi dan menguji support garis MA50 sekaligus support sideways channel-nya.

Wafi melanjutkan, range pergerakan IHSG saat ini berada di kisaran 6.750 hingga 6.850. Beberapa saham yang mendapatkan rekomendasi adalah PT Vale Indonesia Tbk. (INCO), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP), dan PT Dewi Shri Farmindo Tbk. (DEWI).

Analis RHB Sekuritas Muhammad Wafi mengatakan IHSG terlihat melakukan rebound dari support garis MA50 dan breakout resistance garis MA20, disertai volume untuk menguji resistance garis MA100.

Saham INCO, SMGR, INTP, dan DEWI menjadi saham pilihan hari ini.

“Jika mampu breakout resistance garis MA100 maka berpeluang untuk kembali membuat Higher High (HH) level dan melanjutkan fase bullish-nya,” tulis Wafi dalam risetnya, Selasa (12/4/2023).

Namun, lanjutnya, jika tidak mampu breakout resistance di garis MA100 maka IHSG berpeluang untuk kembali terkoreksi dan menguji support garis MA50 sekaligus support sideways channel-nya. Wafi melanjutkan, range pergerakan IHSG saat ini berada di kisaran 6.750 hingga 6.850.

Beberapa saham yang mendapatkan rekomendasi adalah PT Vale Indonesia Tbk. (INCO), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP), dan PT Dewi Shri Farmindo Tbk. (DEWI).

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya