SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan berada di kamar hotel. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Peminat hotel di Kota Solo masih cukup tinggi jika dilihat dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo periode Agustus 2023.

Selama Agustus memperlihatkan tingkat penghunian kamar (TPK) rata-rata sebesar 52,81 persen. Angka tersebut menunjukkan hotel di Solo diminati pengunjung.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Meski tergolong tinggi, angka tersebut secara keseluruhan mengalami penurunan 6,10 poin dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 58,91 persen. Penurunan TPK terbesar terjadi pada klasifikasi hotel bintang 2 yang turun 9,01 poin.

Di sisi lain, kebanyakan para pelancong lebih melirik hotel bintang 4 dan bintang 5. Hal ini terlihat dari TPK hotel bintang 4 dan bintang 5 tercatat sebesar 65,68 persen. Angka ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengan hotel berbintang lain.

Kepala BPS Kota Solo, Ratna Setyowati mengatakan memang posisi tingkat hunian hotel bintang 4 atau lebih masih tercatat yang lebih tinggi dibandingkan bintang lainnya.

“TPK tetap yang terendah terjadi pada hotel bintang satu, dimana tercatat sebesar 39,78. Jadi masih banyak kamar yang kosong di hotel-hotel [bintang 1] yang ada di Solo,” kata dia dalam jumpa pers Rilis Resmi Berita (BRS) Inflasi September di BPS Solo, Senin (2/10/2023).

Kendati demikian, lama menginap tamu hotel di Solo belum mencapai dua hari. Kebanyakan para pelancong itu hanya menginap selama satu malam. Dari catatan BPS tersebut rata-rata menginap Agustus 2023 mencapai 1,44 hari.

“Ini mengalami kenaikan sebesar 0,07 poin jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yani 1,37 hari,” kata Ratna.

Rata-rata menginap paling lama ada di hotel bintang 4 dan 5  yaitu 1,72 hari. Sedangkan rata-rata lama menginap yang terendah ada di hotel bintang 2, yaitu 1,19 hari.

Sementara, para pelancong dari mancanegara rata-rata menginap di Solo lebih lama yakni pada Agustus 2023 mencapai 2,42 hari.

“Ini mengalami kenaikan 0,06 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni mencapai 2,36 hari,” lajut Ratna.

Bagi pelancong luar negeri, kecenderungannya masih sama dengan sebelumnya. Lagi-lagi, hotel bintang 4 dan 5 menjadi pilihan paling favorit bagi para pelancong mancanegara.

Sebab, rata-rata lama menginap pada hotel bintang 4 dan bintang 5 mencapai 2,69 hari. “Lalu terendah lama menginap tamu asing itu pada hotel bintang 3 yaitu 1,71 hari,” lanjut Ratna.

Kepada Solopos.com, warga asal Bekasi, Rizki, 23, mengaku cukup sering mampir ke Solo sebelum menyambangi keluarganya di Yogyakarta. Setiap kali menginap di Solo, dia lebih memilih di hotel bintang 3 atau 4.

“Biasanya sih bintang 3, tapi kalau ada budget lebih memilihnya bintang 4. Karena ya main aman aja ya, dari segi fasilitas pasti lebih bagusan yang bintang 3 atau 4. Kadang fasilitas jelek tu biking enggak mood,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya