SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, memberangkatkan KA Manahan dari Stasiun Solo Balapan, Kamis (1/6/2023). (Solopos/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — Kereta Api (KA) Manahan dengan jurusan Solo-Jakarta akan menambah jadwal keberangkatan pada Juli 2023.

KA Manahan dengan tujuan Solobalapan-Gambir (PP) merupakan KA kelas eksekutif yang membawa delapan kereta dengan kapasitas 400 Tempat duduk atau seat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, saat dihubungi Solopos.com, mengatakan KA Manahan yang semula beroperasi di akhir pekan saja, akan melayani perjalanan secara reguler.

“Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap KA Manahan, kami dari PT KAI akan menambah perjalanan KA Manahan dari yang sebelum Juni 2023 hanya beroperasi di akhir pekan. Menjadi reguler di pagi dan malam hari,” ucapnya, Kamis (6/7/2023).

Franoto mengatakan animo KA Manahan tidak kalah dengan KA Banyubiru jurusan Solobalapan-Semarangtawang (PP).

“Penamambahan perjalanan ini merupakan upaya peningktan pelayanan KAI kepda pelanggan. Betul, karena animo yang cukup tinggi, dan tidak kalah dengan KA Banyubiru, jadi kami putuskan menambah jadwal perjalanan,” ungkapnya.

Ia menyebut secara data, KA Manahan setiap harinya menampung total lebih dari 20.000 penumpang di Bulan Juni.

“Secara data, KA Manahan di Juni itu melayani total 21 ribu penumpang, rinciannya, KA Manahan pagi no.79F total volume penumpangnya sebanyak 7.887 penumpang, sedangkan KA Manahan malam dengan no.81F melayani penumpang sebanyak 14.548 orang, dengan catatan KA Manahan ini hanya melayani di Sabtu dan Minggu saja saat Juni,” tambahnya.

Franoto mengatakan, meskipun animo penumpang cukup tinggi, PT KAI masih belum menerapkan promosi pada Juli 2023. Sebagai informasi, harga tiket KA Manahan di KAI Access yang dipantau Solopos.com, seharga Rp500.000 hingga Rp590.000.

“Untuk tarif promo di Juli ini, baik KA Manahan atau KA Banyubiru belum adalagi,” tutupnya.

Salah satu warga Solo yang pernah menggunakan KA Manahan adalah Lidia Dewanti, 26, asal Jebres yang bekerja sebagai pegawai swasta. Ia menyebut, keunggulan dari KA Manahan adalah jadwalnya yang cukup strategis dibanding KA kelas eksekutif dengan jurusan yang sama.

“Saya sudah dua kali naik KA Manahan karena kebetulan saya bekerja di Jakarta, jadi setiap akhir pekan berusaha pulang ke Solo. Secara harga KA Manahan di kelas eksekutif itu paling murah, selain itu jadwalnya juga pas pukul 10.00 WIB, enggak terlalu pagi, jadi kalau terjebak macet, masih punya sisa waktu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya