SOLOPOS.COM - The Alana Hotel and Convention Center Solo (Traveloka)

Solopos.com, SOLOPerhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Solo menggandeng sejumlah pelaku usaha lokal untuk mengangkat potensi daerah.

Sinergi tersebut diharapkan mampu memajukan sektor pariwisata di Kota Bengawan. Humas PHRI BPC Solo, Sistho A. Sreshtho, menjelaskan salah satu bentuk dukungan tersebut dengan menyediakan tempat display produk.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Salah satu bentuk dukungan dan perhatian kami di dunia perhotelan dan pariwisata guna memajukan produk lokal,” ujar Sistho saat dihubungi Solopos.com pada Jumat (26/5/2023).

Sistho menguraikan beberapa pihak perhotelan memberikan space atau tempat bagi pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tempat bagi pelaku UMKM biasanya berada di lobby atau di depan meeting room hotel.

“Seperti hotel kami sendiri, di Alana. Kami telah menggunakan produk lokal para UMKM tersebut sebagai bahan dasar pembuatan produk kami. Kami mengambil beberapa item [lokal] untuk breakfast, coffee break, di ruang pertemuan,” terang General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo ini.

Bukan hanya makanan dan minuman. Sistho mengaku juga menggunakan produk lokal raw material untuk bahan dapur juga mengutamakan produk yang dikelola oleh masyarakat lokal.

“Dan juga berbagai suvenir, oleh-oleh untuk para tamu. Kami juga mengambil produk-produk yang dikelola oleh UMKM lokal. Jadi sinergi ini mampu mengangkat potensi wisata, potensi perekonomian, di Kota Solo dan Soloraya,” tambah Sistho.

Sistho mendapatkan respons baik pelaku UMKM, terlebih kerja sama tersebut membuat pelaku UMKM mendapatkan profit.

Ketua Umum Solo Preneur, Maliyana Nur Wijayanti, menguraikan sebanyak 60 anggota komunitas Solo Preneur ambil bagian dalam kerja sama ini.

“Kami kerja sama dengan PHRI, nama UMKM-nya Solo Prenerus. Sekitar 60-an anggota UMKM,” ujar Maliyana.

Ia menjelaskan dengan adanya display produk fesyen, craft, dan makanan kering membantu para tamu dalam mencari oleh-oleh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya