SOLOPOS.COM - Tips merawat kulit sehat. (Istimewa).

Solopos.com, JAKARTA — Mempunyai kulit sehat dan lembap tentu jadi impian semua orang. Selain perawatan dari luar dengan skincare, melakukan perawatan dari dalam juga penting. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan hidrasi pada tubuh kita.

Seperti kita ketahui, lebih dari 70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Termasuk sel-sel kulit yang akan bekerja maksimal jika tubuh mendapat asupan cairan yang cukup.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dokter Fanny Imannuddin MD,M.Biomed (AAM) menjelaskan bahwa penyerapan nutrisi oleh sel-sel dalam kulit tersebut bersifat hydrophobic. “Jadi dalam penyerapan nutrisi, sel itu membutuhkan kadar air yang bagus,’’ jelasnya.

Selain itu, dokter yang saat ini sedang menjalankan klinik Sukhavita di Jakarta itu mengatakan jika air minum dengan pH tinggi memberikan dampak lebih baik terhadap penyerapan nutrisi oleh kulit kita.

 

Hidrasi tepat untuk kulit sehat
Hidrasi tepat untuk kulit sehat (Istimewa)

“Tentu berpengaruh ya. Air minum dengan pH tertentu (dalam hal ini pH tinggi) jauh lebih baik,’’ ujarnya.

Oleh karena itu pemilahan air minum yang dikonsumsi juga sangat menentukan. Cheers Alkaline Powered dengan pH tinggi (up to 8,5) membantu proses hidrasi lebih maksimal. Sehingga kesehatan tubuh terutama kulit lebih optimal.

’’Intinya tubuh itu butuh pH yang seimbang. Namun, dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung pH asam membuat radikal bebas pada tubuh juga tinggi. Ini berpengaruh pada kesehatan kulit juga. Makanya butuh air minum pH tinggi untuk menyeimbangkannya,’’ tambah dokter yang saat ini aktif mengampanyekan wellness.

Selain hidrasi yang cukup, pola hidup, pola makan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan tubuh pada umumnya. Berikut tips yang bisa kamu terapkan :

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Pola makan yang kaya akan buah dan sayuran berwarna, terutama beri dan sayuran hijau adalah hal yang sangat dibutuhkan kulit untuk mendapatkan kulit yang berkilau dan sehat. Menurut ahli gizi Joy Bauer seperti yang dikutip dari kompas.com, kita bisa menambahkan beri ke oatmeal, sereal, yogurt, atau smoothie untuk kandungan antioksidan dan vitamin C yang membantu kulit terlihat bercahaya.

2. Rajin Mencuci Muka

Usahakan gunakan sabun pencuci muka yang lembut. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan minyak yang menumpuk dalam semalam dan untuk membersihkan produk apa pun yang kita pakai di malam hari.

3. Memakai Sunscreen

Seperti yang dilansir di womentalk.com, faktor terpenting dari menjaga kulit tetap sehat dan awet muda adalah melindunginya dari efek buruk sinar matahari.

Selain bikin kulit kusam, paparan sinar matahari juga membuat kulit lebih cepat menua lho. Karena itu jangan malas pakai sunscreen ya biar wajah tetap cantik termasuk saat kita nggak pakai makeup.

Hidrasi tepat untuk kulit sehat
Hidrasi tepat untuk kulit sehat (Istimewa)

4. Olahraga Agar Kulit Glowing Alami

Miliki kulit segar berseri alami tanpa makeup dengan rajin berolahraga setiap pagi. Metabolisme tubuh serta aliran oksigen yang lancar bukan cuma membuat tubuh bugar, tetapi juga bikin kulit tampak glowing alami.

Mulai kebiasaan ini dengan latihan peregangan ringan 5-10 menit lalu tingkatkan dengan latihan lain secara bertahap ya!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya