SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah hotel di Solo penuh seiring dengan acara Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo. Para peserta Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi mem-booking kamar hotel di Solo jauh-jauh hari.

Salah satunya adalah Hotel Grand Mercure Solo Baru. General Manager Hotel Grand Mercure, Djati A. Wijaya, menjelaskan saat ini okupansi hotel sudah mencapai 98 persen selama gelaran Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Peningkatan jelas ada, saat ini okupansi kami sudah mencapai 98 persen untuk tanggal 2,3 dan 4 November 2023. Yang menjadi favorit itu kamar yang kelas Superior,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (3/11/2023).

Djati menambahkan, seiring dengan okupansi hotel yang naik, tarif kamar di Hotel Grand Mercure juga mengalami peningkatan. Ia menjelaskan, Hotel Grand Mercure menganut sistem dinamic pricing yang menyesuaikan permintaan.

“Kami menganut dinamic pricing, artinya harga mengikuti demand dari pasar. Jadi tentu saja ada harga yang kami siapkan berbeda dengan saat permintaan rendah. Untuk kenaikannya saat ini mencapai 57,62 persen di Haul ini,” tegasnya.

Senada Djati, Public Relation The Sunan Hotel Solo, Tika Ratna, menyebut saat ini kamar di The Sunan Hotel Solo penuh berbarengan dengan adnaya Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

“Kamar di tempat kami penuh di periode haul ini selama tiga hari ke depan. Pemesanannya lewat online ataupun direct langsung kehotel. Untuk kelas kamar yang jadi favorit semuanya tergantung budget masing-masing,” ulasnya.

Meski begitu, Tika menjelaskan, okupansi The Sunan Hotel tidak hanya diisi oleh peserta haul. Ia juga mengatakan tidak ada peningkatan harga dengan tingginya okupansi.

Full booking memang tapi enggak cuma untuk haul, sebelumnya sudah ada grup-grup yang sudah booking duluan. Grup haul enggak sampai 50 persen. Untuk harga kamar sama saja enggak ada kenaikan,” jelasnya.

Sebagai informasi, acara untuk memperingati Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ini dimulai pada hari ini Rabu (1/11/2023) hingga Minggu (5/11/2023). Semasa hidupnya, Habib Ali menjadi pusat perhatian dan kekaguman serta memperoleh tempat terhormat di hati setiap orang.

Habib Ali pada usia 68 tahun juga mengarang sebuah kitab maulid yang diberi nama Simtud Durar yakni sebuah kitab maulid yang masyhur dan penuh berkah hingga kini dibaca di Hadramaut di Yaman, Indonesia dan Afrika. Dia mengarang kitab ini pada Kamis, 26 Shafar 1327 dan menyempurnakannya pada 10 Rabiul Awal 1327 Hijriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya