SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan alias MBZ mananam pohon sala di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Senin (14/11/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO – Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo, menelan anggaran sekitar Rp200 miliar dari Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) di bawah pimpinan Presiden Sheikh Mohammed bin Zayed. Berikut adalah informasi terkait total kekayaan dari Sheikh Mohammed bin Zayed.

Masjid Raya Sheikh Zayed yang merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi ini diresmikan Presiden Jokowi bersama Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan atau MBZ, Senin (14/11/2022) pagi. Nama Sheikh Zayed yang merupakan ayah dari Mohammed bin Zayed dipakai sebagai nama masjid megah di Kota Solo itu.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Nama Sheikh Mohammed bin Zayed belakangan santer disebut media massa di Indonesia. Hal itu tidak lepas pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan yang diprakarsai sepenuhnya oleh Pemerintah UEA. Dalam artikel ini akan dijelaskan harta kekayaan dari Sheikh Mohammed bin Zayed.

Minyak bumi menjadi sumber pendapatan negara UEA. Pembangunan besar-besaran yang dilakukan pemerintah UEA sejak era 1990-an sebagian besar ditopang dari pendapatan pengelolaan minyak. Minyak juga menjadi sumber kekayaan bagi keluarga besar Sheikh Zayed yang kemudian diturunkan kepada anak cucunya.

Laman Superyachtfan menyebut total kekayaan bersih dari Sheikh Mohammed bin Zayed mencapai US $30 miliar atau setara Rp467 triliun. Harta kekayaannya itu berwujud istana, kapal pesiar, jet pribadi dan lain-lain.

Baca Juga: Jangan Kecele Ya! Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Belum Dibuka untuk Umum

Sheikh Mohammed bin Zayed lahir pada Maret 1961. Ia menikah dengan Sheikha Salama binti Hamdan Al Nahyan. Mereka memiliki 9 anak. Kakak tertuanya Khalifa bin Zayed Al Nahyan adalah penguasa Abu Dhabi saat ini. Sementara Sheikh Mohammed bin Zayed adalah Putra Mahkota Abu Dhabi. Dan dia adalah Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Sulit untuk menilai kekayaan bersih pribadi dari Sheikh Mohammed bin Zayed. Tetapi kekayaan bersih gabungan dari keluarga Al Nahyan dianggap lebih dari US $150 miliar. Beberapa sumber menyebutkan, kekayaan bersih Sheikh Mohammed bin Zayed dan ayahnya mencapai US$30 miliar.

Baca Juga: Bunga Dekorasi Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Diserbu Warga untuk Dibawa Pulang

MBZ tinggal di kompleks istana besar di Abu Dhabi. Istana ini terletak dekat dengan Istana Al Bateen, Istana Kepresidenan saudaranya penguasa Abu Dhabi. Istana MBZ telah dibangun kembali secara total dalam lima tahun terakhir.

Pesawat Pribadi

Sheikh Mohammed bin Zayed memiliki pesawat pribadi. Abu Dhabi Amiri Flight bertanggung jawab atas pengangkutan keluarga kerajaan serta Pemerintah Abu Dhabi. Pesawat pribadi itu adalah A6 – UAE (Boeing 747), A6- AUH (Boeing 737), dan A6- YAS (Boeing 747) difungsikan sebagai Pesawat Kepresidenan.

Demikian informasi terkait harta kekayaan dari Sheikh Mohammed bin Zayed, presiden UEA yang memprakarsai pembangunan Masjid Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo. Berkat dia, warga Kota Solo dan sekitarnya kini bisa beribadah di masjid yang cukup megah itu.

Baca Juga: Sambut Rombongan Presiden UEA MBZ, Kantor Imigrasi Solo Buka Layanan di Bandara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya