SOLOPOS.COM - Ilustrasi tepung terigu. (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Harga tepung terigu di pasaran Solo masih belum normal sejak sebelum terjadi perang Rusia-Ukraina atau dimulainya operasi militer khusus Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Creative Marketing Roti Ropi, Arief Munandar, mengatakan perang Rusia-Ukraina masih berdampak pada harga tepung terigu di pasaran.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Saat ini untuk memenuhi kebutuhan tepung terigu kami multi supplier, asal tersedia saja,” papar Arief saat dihubungi Solopos.com, Rabu (19/7/2023).

Kendati demikian, sejauh ini produksinya tetap berjalan normal. Pabrik roti yang berada di Klaten tersebut juga akan menerapkan pembangunan unit pabrik baru dengan industri hijau.

Menurutnya, Klaten terkenal dengan air bersih dan keasrian tempatnya. Pabrik tersebut juga nantinya akan mengikuti arahan AMDAL yang berlaku.

Sementara itu, Section Head PR-Comm di Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari Flour Mills, Egi Gias Purnama, mengatakan Bogasari mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk tetap menjamin ketersediaan tepung terigu selama masa perang Rusia-Ukraina.

“Itu sebabnya kami impor gandum dari beberapa negara lain, ada dari kanada, Australia, India, dan beberapa negara lainnya,” ujar Egi saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Egi melanjutkan, gandum yang diimpor memiliki karakteristik berbeda-beda. Sehingga, perlu ada perlakuan tambahan guna menghasilkan tepung terigu yang sesuai standar Bogasari sejak sebelum perang Rusia-Ukraina terjadi.

Menurut dia, harga tepung terigu harus menyesuaikan produksinya. Hal itu disebabkan sumber impor dari berbagai negara yang berbeda disertai tambahan perlakuan dan biaya angkut yang berbeda.

Selanjutnya, Egi memastikan Bogasari akan terus menjamin ketersediaan tepung terigu di Indonesia.

Harga Tepung Terigu

Dilansir dari platform Bukalapak.com, berikut daftar harga tepung terigu saat ini:

Tepung Terigu Gluten Free Serbaguna Tapioka Rp 37.500
Tepung Terigu Protein Tinggi Bogasari Cakra Kembar 1 kg Rp 18.000
Tepung Terigu Protein Tinggi Komachi 1 kg Rp 21.500
Tepung Terigu Golden Eagle Bungasari Protein Tinggi Rp 17.00

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya