SOLOPOS.COM - Umat Konghucu membakar kertas bertuliskan nama leluhur, replika mobil dan replikasi pakaian saat upacara Ching Bing di Rumah Duka Thiong Ting, Jebres, Solo, Minggu (10/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO  — Rumah Duka Thiong Ting Solo menjadi salah satu pelayanan Perkumpulan Masyarakat Surakarta atau PMS. Sebuah organisasi sosial kemasyarakatan yang berdiri pada 1932 silam. Dalam pengelolaannya, PMS juga telah memberlakukan subsidi silang agar seluruh lapisan masyarakat bisa terbantu.

Tim Solopos.com berusaha mendatangi Rumah Duka Thiong Ting Solo, Selasa (30/8/2022). Saat memasuki halaman, beberapa ucapan obituari dan karangan bunga kabar duka. Patung seekor gajah berwarna emas juga berdiri di atas fondasi setinggi dua meter.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Informasi yang dihimpun Solopos dari Kabid Rumah Duka Thiong Ting, ada sebanyak 13 paket pelayanan kematian yang disediakan Rumah Duka Thiong Ting Solo mulai paket reguler, VIP, hingga paket eksklusif.

Reguler

Berbagai layanan yang ditawarkan paket reguler di antaranya fasilitas ruangan tiga hari dua malam, kamar jenazah dan pemandian, perlengkapan jenazah seperti kapas, kamper dan alkohol. Selain itu, perlengkapan persemayaman meliputi lilin, eaudecologne, ucapan terima kasih, foto hoim, meja sumbangan.

Dilengkapi dengan mobil jenazah dan tenaga pikul, pembuatan akta kematian domisili Solo, foreider dari rumah duka Thiong Ting ke Memorial Park Delingan, pajangan atas peti, dekorasi belakang peti, foto dokumentasi, dan hidangan. Namun paket reguler tidak mendapat layanan mobil jenazah hiace dan truk pengangkut bunga papan.

Paket reguler sendiri terbagi menjadi lima paket. Yakni paket bhakti A, bhakti B, tulip A, tulip B, dan tulip C.

Baca Juga: Susyana Istri Pendiri Sritex Meninggal, Jenazah akan Disemayamkan di Tiong Ting 

Paket bhakti A ditarif seharga Rp4 juta dan bhakti B  seharga Rp7 juta. Namun masyarakat yang menggunakan layanan bhakti A dan bhakti B tidak mendapat layanan foto dokumentasi, hidangan, dan mobil jenazah hiace. Hanya jumlah lembar hoim lelayu dan ucapan terima kasih yang membedakan kedua paket tersebut.

Sementara paket tulip A dibanderol Rp10 juta, paket tulip B dibanderol Rp15 juta dan tulip C Rp21 juta. Ketiga paket tersebut mendapat fasilitas sama. Bedanya hanya pada jumlah hidangan dan lembar hoim lelayu. Paket tulip A hingga C mendapat roti 150 biji hingga 350 biji.

VIP

Sementara itu, paket VIP di Rumah Duka Thiong Ting terbagi menjadi dua yaitu VIP A seharga Rp29 juta dan VIP seharga Rp34 juta. Fasilitas yang ditawarkan dari paket reguler juga seluruhnya didapat oleh paket VIP. Namun bedanya, paket VIP A dan VIP akan mendapat foto dokumentasi 160 lembar, hidangan yang lebih banyak, satu unit mobil jenazah hiace, dan truk pengangkut bunga papan.

Eksklusif 

Paket eksklusif di Rumah Duka Thiong Ting terbagi menjadi enam paket. Yakni paket platinum, sapphire, diamond, ruby, crown, red diamond. Keenam paket dibaderol dari Rp89 juta hingga Rp179 juta.

Dari informasi yang diterima Solopos, paket platinum Rp89 juta dilengkapi dengan seluruh fasilitas paket reguler ditambah lilin eksklusif, foreider dari rumah duka ke memorial park Delingan, enpat standing dekorasi bunga, taman depan meja peti. Tak hanya itu, seluruh ruangan akan ditutup dengan kain putih dengan petugas servis bak hotel bintang dan pemandu acara.

Selain itu, hidangan yang didapat dari paket platinum ialah 12 karton air mineral, 300 potong roti premium, 300 bungkus kacang premium, tiga pak permen Jepang. Serta tissu kering, tissu basah, rak display hidangan, keranjang hias, bunga tabur, 30 buket mawar tangkai, standing banner ekslusif, liputan live selama ibadah di instagram dan zoom, dan layanan permainan anak kecil.

Kedua, paket sapphire seharga Rp99.900.000. Seluruh paket platinum akan didapatkan di paket sapphire ditambah peti luxury dan dekorasi bunga di atas dan depan peti.

Baca Juga: Profil Susyana, Istri Pendiri Sritex yang Meninggal Dunia Hari Ini 

Ketiga, paket diamond seharga Rp139 juta. Seluruh fasilitas paket sapphire akan masuk dalam paket diamond. Meski paket diamod tidak mendapat peti luxury, namun ada enam standing dekorasi bunga, satu kali penampilan musik, backdrop gereja, wall of prayer, 200 bungkus jajanan pasar, 15 karton teh botol dan es krim gelato sebanyak 200 cup.

Keempat, paket ruby seharga Rp149.900.000. Seluruh layanan dan fasilitas paket ruby sama dengan paket sapphire. Hanya saja, paket ruby mendapat peti luxury.

Kelima, paket crown seharga Rp169.900.000. Dilengkapi dengan 12 standing dekorasi bunga segar di atas dan depan meja peti, dua kali penampilan musik, 500 potong roti dan kacang, delapan pak permen Jepang, 300 cup es krim gelato. Namun paket crown tidak mendapatkan fasilitas peti luxury.

Keenam, paket paling mahal yakni red diamond seharga Rp179.900.000. Seluruh layanan dan fasilitas paket crown akan didapatkan di paket red diamod. Namun ada penambahan peti luxury.

Apabila pelayanan lebih dari tiga hari, maka penyewa harus menambah Rp3,5 juta per hari untuk biaya service charge. Selain itu, perluasan ruangan saat upacara maisong dibanderol Rp1,75 juta per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya