SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan beras. (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Soloposs.com, JAKARTA – Pemerintah akan melanjutkan penyaluran bantuan sosial (bansos) beras mulai awal pekan depan tepatnya pada Senin (11/9/2023).

Bansos beras diberikan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 10 kilogram setiap bulan hingga November 2023. Sebagaimana diketahui, penyaluran bansos beras serupa telah dilakukan sebelumnya selama tiga bulan sejak Mei-Juli 2023. Pemerintah memandang penyaluran bansos beras tersebut efektif menstabilkan harga beras yang belakangan meroket.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Kemarin kita perlu waktu konsolidasi data penerima dan lokasi-lokasi. Tapi, insya Allah Senin [11/9/2023)] mulai. Pak Dirut Bulog [Budi Waseso] tadi konfirmasi,” ujar Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, saat ditemui di kompleks parlemen, Kamis (7/9/2023).

Arief meyakini pengucuraan cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 640.000 ton untuk bansos bakal menstabilkan harga beras di pasaran. Adapun rata-rata harga beras secara nasional masih terpantau tinggi melampaui harga eceran tertinggi (HET).

Menyitir data panel harga pangan Bapanas, rata-rata harga beras medium saat ini Rp12.620 per kilogram atau naik 0,56 persen dari harga kemarin. Padahal HET beras medium berkisar Rp10.900-Rp11.800 per kilogram tergantung wilayah.

“Dengan itu [bansos] masuk artinya menambah suplai di masyarakat ya harusnya bisa baik,” kata Arief. Menurut Arief nantinya akan ada sejumlah daerah yang bansos berasnya diberikan sekaligus. Terutama di wilayah terpencil, terluar, tertinggal dan perbatasan (3TP). Hal itu dilakukan guna efisiensi distribusi karena akses yang cukup sulit. “Misalnya 3TP di Puncak Jaya [Papua] misalnya, toh beras bisa tahan tiga bulan jadi berikan di-double,” tutur Arief.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) membenarkan rencana peluncuran penyaluran bansos beras mulai pekan depan. Wilayah pertama yang bakal disalurkan yakni Jakarta dan Bogor. Adapun ihwal jumlah bansos beras yang bakal disalurkan pada hari Senin mendatang, kata Buwas bergantung dengan kebutuhan daerah tersebut.

“Kalau launching itu sudah dimulai sebesar jumlah yang dibutuhkan. Dimulainya mulai besok [Senin]. Umpamanya di Bogor dibutuhkan 30.000 ton ya sudah dimulainya pada hari itu,” kata Buwas saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Bapanas: Bansos Beras Disalurkan Mulai Pekan Depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya