SOLOPOS.COM - Pedagang daging ayam di Pasar Legi Solo, menunggu datangnya pembeli, Selasa (5/9/2023). Harga daging ayam mengalami kenaikan dari Rp36.000/kg menjadi Rp38.000/kg. Pada Lebaran 2023 lalu harga daging ayam meroket hingga Rp40.000/kg. (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Sempat turun harga, daging ayam di Kota Solo kembali meroket. Pedagang daging ayam di Pasar Legi memilih mengurangi stok jualan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Pasar Legi Solo pada Selasa (5/9/2023) siang, lalu lintas pembeli di lantai II Pasar Legi tampak sepi. Para pedagang di sana menjelaskan pasar hanya ramai ketika pagi dan malam hari.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Salah satu pedagang daging ayam, Triyono, menjelaskan harga daging ayam mengalami kenaikan menjadi Rp36.000/kilogram (kg) dibandingkan dua hari lalu yang masih di angka Rp35.000/kg. Ia kurang mengetahui penyebab pasti kenaikan harga daging ayam tersebut.

Sebelumnya harga daging ayam sempat meroket hingga Rp40.000/kg dan sempat turun menjadi Rp32.000/kg hingga Rp33.000/kg. Padahal, menurut Triyono normalnya harga daging ayam sebesar Rp30.000/kg. Menurutnya, harga daging ayam saat ini sulit menyentuh harga normal sebelum Lebaran.

Ia pasrah mengikuti harga yang ditetapkan dari pihak supplier dari Karanganyar. Sebagai pedagang ia hanya mengikuti harga yang ditetapkan. Triyono memilih mengurangi stok harian yang ia jual. Biasanya ia membawa 50 kg daging ayam, namun saat ini ia hanya mengambil sebanyak 40 kg dari supplier.

Masih mahalnya harga daging ayam membuat minat konsumen berkurang. Ia hanya mengandalkan permintaan pelanggan tetap yang datang ke lapaknya. “Paling tinggi kemarin habis Lebaran sampai Rp40.000/kg, sekarang turunnya susah, paling di angka Rp32.000/kg sampai Rp33.000/kg, normalnya dulu Rp30.000,” kata Triyono.

Pedagang daging ayam lainnya, Muslimah, mengaku saat ini menjual daging ayam senilai Rp37.000/kg. Padahal, pada pekan lalu harga daging ayam masih dibanderol dengan harga Rp34.000/kg hingga Rp35.000/kg. Sepakat dengan Triyono, ia pasrah mengikuti harga dari pihak supplier. Muslimah biasanya menyediakan 15 ekor ayam untuk dijual.

“Enggak mungkin normal [harga daging ayam], Natal dan akhir tahun ini bakal naik lagi. Tapi tetap berharap turun, karena pembeli sekarang hanya pelanggan lama. Tapi konsumen [baru] biasa pikir-pikir mau beli,” terang Muslimah.

Namun Muslimah berharap harga daging ayam bisa kembali normal di angka Rp30.000/kg. “Masa telur ayam bisa turun tapi daging enggak,” tambah dia.

Sementara itu, berdasarakan data dari Kepala Pasar Legi Solo, Nur Rahmadi, per hari ini harga daging ayam dibanderol dengan harga Rp37.000/kg, sementara pada Jumat (1/9/2023), harga daging ayam masih di angka Rp36.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya