SOLOPOS.COM - Ilustrasi cabai rawit. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pertanian (Kementan) merepons kenaikan harga cabai di pasaran dengan menyiapkan bibit cabai untuk disalurkan kepada masyarakat.

Penyediaan bibit tersebut merupakan bagian dari program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Kami harapkan ada pembagian bibit, Pak Dirjen Hortikultura KRPL galakkan tanam cabai 5-10 pot di rumah bisa mencukupi keluarga,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat ditemui di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

Amran menambahkan bibit cabai yang disalurkan berasal dari persediaan milik Kementerian Pertanian. Bibit cabai tersebut dapat diperoleh warga untuk ditanam di rumah masing-masing guna memenuhi kebutuhan.

“Bagi yang butuh bibit, saya katakan, anggarkan tahun depan mungkin ya. Tapi bisa mulai sekarang kalau ada (anggarannya),” ujar Amran dilansir Antaranews.

Diketahui, Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus mengupayakan stabilisasi pasokan dan harga cabai rawit merah dengan memobilisasi pasokan dari daerah surplus ke daerah defisit.

“Kami mendorong pemerintah daerah untuk saling membangun kerja sama antardaerah (KAD), sehingga cabai di daerah yang masih produksi dan harganya stabil dapat mendistribusikan cabai ke daerah defisit atau daerah dengan harga cabai yang tinggi,” kata Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Selain itu, guna menopang stabilitas pasokan dan harga cabai di Pasar Induk, NFA juga melakukan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) dari daerah surplus ke daerah defisit melalui kerja sama antardaerah (KAD) dengan mengoptimalkan pemanfaatan dana APBD dan BTT (Belanja Tidak Terduga).

Menurut data pada panel harga Badan Pangan Nasional rata-rata harga cabai merah keriting hari ini mencapai Rp59.080 per kilogram atau naik 1,79 persen dibandingkan pekan lalu.

Sementara rata-rata harga cabai rawit merah hari ini adalah Rp70.670 per kilogram, atau naik 0,27 persen dibandingkan pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya