SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak nonsubsidi jenis Pertamax. (Rachman/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut kemungkinan potensi berpindahnya pelanggan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax ke Pertalite karena adanya kenaikan harga.

Sebelumnya diberitakan, sesuai dengan penyesuaian harga yang dilakukan PT Pertamina per 1 Oktober 2024 harga Pertamax saat ini naik menjadi Rp14.000.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Harga tersebut memiliki selisih Rp4.000 dibandingka Pertalite yang dipatok Rp10.000.

Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan kemungkinan adanya migrasi pasti ada, namun angkanya tidak banyak.

“Kalo kemungkinan sih pasti ada, tapi jumlahnya kan saya kira tidak banyak,” kata Tutuka saat ditemui di Kementerian ESDM, Senin (2/10/2023).

Terkait kenaikan harga Pertamax, Tutuka menyebut hal ini terjadi karena naiknya harga minyak mentah. Namun, untuk saat ini harga untuk minyak mentah tengah mengalami penurunan dan tidak akan naik terus menurus.

“Iya [dampak minyak naik] tapi kan yah mentah-mentah udah turun lagi enggak akan naik terus,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan penyesuaian harga ini mengacu pada rata-rata MOPS (Means of Platts Singapore) pada periode 25 Agustus 2023 hingga 24 September 2023.

“Harga baru ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor [PBBKB] sebesar 5 persen seperti di wilayah DKI Jakarta,” kata Irto melalui siaran pers, Minggu (1/10/2023).

Irto menyebut dalam melakukan penyesuaian harga BBM ini, pihak Pertamina mempertimbangkan berbagai aspek di antaranya tren harga publikasi MOPS/Argus dan kurs.

Hal ini dilakukan agar Pertamina tetap dapat menjamin keberlangsungan penyediaan dan penyaluran BBM hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Harga BBM Pertamina setelah alami penyesuaian per 1 Oktober 2023:

Solar subsidi: Rp6.800 per liter

Pertalite: Rp10.000 per liter

Pertamax: Rp14.000 per liter

Pertamax Turbo: Rp16.600 per liter

Pertamax Green 95: Rp16.000 per liter

Dexlite: Rp17.200 per liter

Pertamina Dex: Rp17.900 per liter

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Dampak Harga Pertamax Naik, Pelanggan Berpaling ke Pertalite?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya