SOLOPOS.COM - Suasana gerai Transmart di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo terlihat lenggang, pada Selasa (31/1/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Dalam urusan berbelanja, konsumen selalu memilih harga termurah dari barang yang ditawarkan pusat perbelanjaan. Tidak dimungkiri, banyak toko kehilangan pelanggan karena harga tidak bisa bersaing.

Isu terkait harga barang yang mahal belakangan menghinggapi salah satu pusat perbelanjaan, Hypermarket Transmart. Bahkan, karena isu itu, cukup banyaknya gerai Hypermarket Transmart yang mulai sepi pembeli. Hal itu tidak luput dari perhatian masyarakat. Sepinya Hypermarket Transmart itu pun tengah hangat diperbincangkan di jagat maya.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Salah satunya tweet yang dibuat oleh akun Twitter, @Strategi_Bisnis, hingga Selasa (31/1/2023) sore cuitan tersebut berhasil menarik perhatian warganet, yang mendapatkan 1.661 retweets, 6.051 likes, dan 1.269 komentar.

“Dulu saat masih Carrefour, lumayan ramai krn harga kompetitif. Saat sdh jadi Transmart, bnyk yg jadi sepi kayak gini. Para konsumen bilang. Transmart sekarang mahal2. Pelanggannya price sensitive. Kalau tdk ada perubahan, bnyk gerai Transmart yg akan tutup,” jelas akun @Strategi_Bisnis.

“Faktor harga amat menentukan dlm bisnis toko barang2 kebutuhan bulanan. Beda Rp 200 aja bisa pindah ibu ibu yg belanja,” lanjut @Strategi_Bisnis dalam thread tersebut.

Unggahan tersebut disertai dengan video dari akun Tiktok dengan watermark video, @ronnyjatnika, yang memperlihatkan situasi Transmart. “Kok Sepi Banget. Jam 11 siang. Yang belanja jarang. Yang jaga langka.. GANTI TREND Atau GANTI TEMPAT BELANJA?,” jelas dalam video tersebut.

Cuitan tersebut diamini oleh beberapa warganet yang merespons hal tersebut. “Pantes Transmart Jogja skrg lebih sepii dibanding Carrefour dulu. Kalo belanja bulanan pasti andalan ke Mirota Kampus,” jelas pemilik akun, @RendiePutra1.

Sementara itu, berdasarkan penelurusan Solopos.com, di Transmart Pabelan di Kartasura, Sukoharjo, pada Minggu sore. Selama 30 menit memantau, tidak banyak orang yang singgah untuk berbelanja. Dalam kurun waktu setengah jam itu, terhitung hanya ada belasan orang.

Salah satu pengunjung, Nur Aina, menguraikan ia sering berkunjung ke Transmart, namun bukan untuk berbelanja, tapi menonton film di CGV Cinemas. Ia mengaku lebih memilih berbelanja kebutuhannya di toko kelontong, karena ia tinggal di indekos sehingga kebutuhannya tak banyak.

Solopos.com, juga membandingkan harga sejumlah barang di Transmart dengan Alfamart, serta Assalam Hypermart. Assalam Hypermart menjadi tempat paling ramai dari ketiga gerai perbelanjaan tersebut.

Untuk harga beras premium dengan ukuran lima kilogram merek Beras Hoki seharga Rp64.000. Minyak goreng Bimoli ukuran dua liter seharga Rp45.000, minyak goreng Tropical kemasan botol dua liter dibanderol dengan harga diskon senilai Rp34.900/kemasan, sebelum diskon seharga Rp40.850/kemasan.

Harga Indomie goreng Rp3.100/kemasan, Sunglight 400 ml seharga Rp14.650/kemasan. Harga body lotion Nivea Extra White Body Serum Night Nourish Rp53.400/kemasan. Harga deodorant Nivea yaitu Rp24.000/kemasan.

Sementara itu, beras premium ukuran lima kilogram, dengan merek Fortune yaitu Rp62.496. Harga minyak goreng Bimoli kemasan dua liter yaitu Rp38.878/kemasan, harga minyak goreng Tropical kemasan botol dua liter yaitu Rp38.844/kemasan. Harga deodorant Nivea, Rp20.877/kemasan. Harga Sunglight kemasan 400 ml seharga Rp12.793/kemasan. Harga diskon sabun Gentle Wash, Rp18.475/kemasan, harga sebelumnya Rp20.302/kemasan.

Sementara itu, di Alfamart, harga diskon minyak goreng Bimoli kemasan dua liter yaitu Rp41.600/kemasan, sebelumnya seharga Rp48.300/kemasan. Dalam hal ini, harga minyak goreng dua liter di Transmart Pabelan lebih murah dibandingkan harga di Alfamart.

Namun, Alfamart menawarkan harga yang lebih murah untuk minyak goreng Tropical kemasan botol dua liter yang dijual seharga Rp20.300/kemasan dari harga sebelumnya yaitu Rp26.700/kemasan. Sementara di Transmart Pabelan, harga minyak goreng Tropical kemasan botol dua liter yaitu Rp38.844/kemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya