SOLOPOS.COM - Warga mengakses produk di TikTok dalam program yang berkolaborasi dengan Tokopedia, di Solo, pada Selasa (12/12/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah warga Solo mengincar beragam promo pada momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Selasa (12/12/2023). Beberapa marketplace menawarkan program untuk memikat pembeli.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Selvi Novia berbelanja produk kecantikan dan fesyen dengan total Rp550.000 saat Harbolnas 2023 ini. Total ada enam produk yang ia beli melalui Shopee.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Produk yang ia beli yakni produk lokal berupa kemeja, kemudian skincare dari merek Somethinc, Somebymi, dan tabir surya dari Skin Aqua. Perempuan 20 tahun  ini juga membeli dua bedak merek Make Over.

Selvi mengaku memang membutuhkan skincare yang ia beli, bukan karena tergiur promo. Dengan adanya Promo 12.12 di lokapasar ia tidak berpikir dua kali untuk membeli produk-produk tersebut karena jauh lebih murah dibandingkan harga normal.

“Misalnya Somebymi, kalau enggak promo mesti mahal, itu dapat Rp150.000, terus Make Over, mumpung Rp190.000 dapat dua, kapan lagi kan?,” ujar dia saat ditemui Solopos.com.

Dia memilih produk-produk tersebut karena ingin mencoba produk baru. Produk perawatan tubuh yang ia pakai sebelumnya, menurutnya tidak cocok. Biasanya ia menggunakan metode pembayaran bank transfer untuk membeli produk pilihannya.

Selvi bisa membeli tiga hingga empat produk secara online dalam sebulan. Kemudahan berbelanja online membuat ia nyaman, ia tidak harus keluar rumah dan pilihan barang yang beragam.

Pekerja di Solo, Ajeng Rizky, mengaku membeli cover mobil seharga Rp183.000 pada Harbolnas kali ini. Dia mengincar produk tersebut sejak dua hingga tiga hari lalu. Menurut Ajeng diskon yang ditawarkan saat tanggal kembar atau hari-hari biasanya sama saja.

Namun, ketika momen tertentu, misalnya Harbolnas ini banyak promo gratis ongkos kirim (ongkir) yang tidak terbatas. Dalam sebulan ia terbiasa membeli barang secara online, misalnya makanan hamster dan kucing miliknya.

Menteri Perdagangan

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut Harbolnas merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makin bangga menggunakan produk buatan Indonesia.

Menurutnya, salah satu cara untuk mewujudkan rasa bangga itu adalah dengan membeli dan menggunakan produk buatan dalam negeri.

Pada 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22,7 triliun atau meningkat 26% dari transaksi tahun sebelumnya, Pembelian produk lokal tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun sebelumnya dengan nilai Rp18 triliun.

“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” kata Zulhas dalam siaran pers tersebut.

Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto berkomitemen untuk terus mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan.

Pada momen 12.12 ini, Tokopedia menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. Salah satunya dengan kampanye, Beli Lokal.

Menurut Melissa dengan kampanye tersebut pelaku usaha, khususnya UMKM lokal bisa mendapatkan pangggung lebih luas. Ada diskon hingga Rp100.000 yang ditawarkan dalam kampanye tersebut.

“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,” ujar Melissa.

Melissa mengaku selalu berkolaborasi dengan seluruh mitra strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional terutama lewat pemanfaatan kanal digital. Salah satunya kerja sama dengan TikTok Indonesia dalam kampanye Beli Lokal pada momen Harbolnas 12.12.

TikTok turut mendukung Harbolnas melalui kampanye tersebut. Direktur Eksekutif E-Commerce TikTok Indonesia, Stephanie Susilo menjelaskan kampanye tersebut bisa ditemukan di aplikasi TikTok Indonesia untuk memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM lokal.

“Dengan hadirnya kampanye Beli Lokal pada aplikasi TikTok, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan lebih atraktif,” kata dia.

Shopee 12.12 Birthday Sale

Selain itu, Shopee juga menghadirkan Shopee 12.12 Birthday Sale yang menghadirkan promo spesial Gratis Ongkir Rp0 Sepuasnya, Gebyar Promo Mobil 12RB dan Bonus Akhir Tahun 12M, serta ragam kelengkapan produk yang bisa dinikmati.

Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia, Daniel Minardi menguraikan melalui beragam inovasi, Shopee 12.12 Birthday Sale, dia berharap bisa memudahkan pengguna untuk menemukan kebutuhan perawatan diri terbaik.

“Di saat bersamaan, tentunya kami turut mendampingi para brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh baik dalam segi kapasitas dan jangkauan bisnisnya, hingga mampu menghasilkan berbagai produk lokal berkualitas. Spesialnya, menuju puncak kampanye di 12 Desember 2023 nanti akan hadir gebyar promo dan berbagai kejutan menarik lainnya untuk menemani persiapan akhir tahun pengguna,” kata dia dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Sepanjang kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, Shopee telah merangkai keseruan dan penawaran terbaik khususnya untuk produk kecantikan, fesyen, perlengkapan rumah, elektronik, dan berbagai kategori lainnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya