SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali bertolak ke Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut) untuk menghadiri F1 Powerboat Danau Toba 2023, Sabtu (25/2/2023). (Istimewa).

Solopos.com, TAPANULI UTARA-  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali bertolak ke Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut) untuk menghadiri F1 Powerboat Danau Toba 2023.

Dilansir dari rilis Kemenpora di kanal Kemenpora.go.id, Minggu (26/2/2023), Menpora Amali tiba di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sabtu (25/2/2023) sekitar pukul 14.35 WIB.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Kedatangan Menpora Zainudin Amali disambut Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Kepala Dinas Pemuda dan Olahaga Sumut, Baharuddin Siagian.

Menpora Amali ingin ajang kelas dunia ini memicu lahirnya atlet dan federasi nasional. Ia berharap ajang F1 Powerboat Danau Toba 2023 berdampak baik terhadap Indonesia.

Hal itu  ia sampaikan usai meninjau venue F1 Powerboat di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (25/2/2023) sore. Zainudin Amali menekankan, guna mencapai harapan itu, perlu kerja sama yang kuat dengan stakeholder terkait.

“Ini menjadi harapan kita untuk memicu dan menyiapkan federasi nasionalnya. Saya sudah minta tolong kepada IMI [Ikatan Motor Indonesia] untuk siapkan itu,” kata Zainudin Amali.

Lebih lanjut, Menpora Zainudin Amali menilai kepercayaan federasi internasional kepada Indonesia sangat luar biasa. Sebab, Indonesia saat ini belum memiliki federasi nasional dan juga pembalapnya.

“Harapan saya IMI dan stakeholder terkait bersama-sama mendorong dalam upaya agar Indonesia punya federasi nasional dan juga punya pembalapnya,” sambung Menpora Zainudin Amali.

Di sisi lain, Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa F1 Powerboat Danau Toba 2023 memiliki dampak luar biasa pada sektor ekonomi masyarakat. Ia berharap event ini secara terus menerus bisa berlangsung di Danau Toba.

“Setiap pelaksanaan balap air seperti ini berkaitan erat dengan sport tourism. Karena olahraga ini mendatangkan penonton lokal dan dunia. Dampak ekonomi sangat luar bisa dirasakan terutama daerah penyelenggara. Semoga mereka yang datang hari ini bisa akan datang lagi melihat Danau Toba yang indah,” pungkas Menpora Zainudin Amali.

Dalam kesempatan itu Zainudin Amali juga memuji keindahan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) sebagai venue penyelenggaraan F1 Powerboat 2023.

Menpora Zainudin Amali berharap ajang kelas dunia ini bisa berjalan dengan sukses, aman, dan lancar.

Saat melakukan peninjauan, Menpora Zainudin Amali  ditemani Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan sejumlah pejabat lainnya. Rombongan tampak mengecek sejumlah area hingga tribun.

“Saya kira situasi sekarang ini sangat jauh berbeda dari apa yang kita lihat pada Januari sebelumnya. Tetapi beberapa hari lalu saya juga sudah ke sini [lokasi acara] mulai bagus, dan hari ini sudah siap betul untuk menggelar F1 Powerboat,” kata Menpora Zainudin Amali.

Menpora Menpora Zainudin Amali menilai antusias masyarakat dalam menyambut penyelenggaraan balap diatas air ini sangat luar biasa. Ini bisa dilihat masyarakat ramai-ramai datang ke lokasi.

“Kita bisa lihat antusiasme masyarakat sangat luar bisa. Mereka bahkan ada yang jalan kaki jauh. Mereka semangat menyambut penyelenggaraan F1 Powerboat,” ujar Menpora Zainudin Amali.

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo juga tampak hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Keduanya tiba di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (26/2/2023), pada pukul 13.30 WIB.

Setelah bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Presiden F1 Powerboat Nicola di San Germano, Presiden beserta Iriana menuju podium penonton.

Di podium tersebut, Presiden melihat persiapan power boat yang akan digunakan di Danau Toba dengan diangkat dengan menggunakan derek atau crane.

Selain itu, di panggung hiburan tampak penyanyi Lea Simanjuntak turut meramaikan suasana di kawasan Danau Toba.

Pejabat negara lainnya yang juga hadir yakni Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Selain itu, hadir juga Duta Besar Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia, Abdulla Salem Al-Daheri, yang turut diterima Presiden Jokowi.

Kejuaraan Dunia F1H2O adalah seri internasional unggulan dari perahu balap dengan satu kursi yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM).

F1 Powerboat 2023 diikuti oleh 10 tim dengan 20 pembalap. Dalam satu musim kejuaraan dilaksanakan delapan seri balap, dengan seri pertama pada 2023 digelar di Danau Toba, Indonesia. Setelah Indonesia, seri selanjutnya digelar di Tiongkok.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya