SOLOPOS.COM - Warga berburu produk fesyen dalam acara Hello Market Solo, di Solo Paragon Mall, pada Rabu (12/4/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO – Tingkat okupansi pusat perbelanjaan di Soloraya menyentuh 60 persen pada H-7 Lebaran atau sepekan menjelang Idulfitri 2023. Okupansi pusat perbelanjaan diprediksi terus meningkat seiring dengan pencairan tunjangan hari raya (THR) bagi pekerja.

Menjelang Lebaran, kebutuhan masyarakat meningkat pesat dibanding hari biasa. Mereka berbelanja kebutuhan pokok untuk periode Lebaran. Tak hanya itu, warga juga menyerbu pusat perbelanjaan untuk membeli pakaian, celana, dan sebagainya. Apalagi, saat ini, sebagian pekerja telah menerima THR dari perusahaan.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Public Relations The Park Mall Solo Baru, Christina Tri Mawarti, mengatakan peningkatan okupansi terjadi sejak pekan ini. Banyak pengunjung berbelanja pakaian, celana, sepatu, dan sandal yang digunakan saat Lebaran.

Sebagian pengunjung lainnya berbelanja kebutuhan pokok di swalayan. “Okupansi meningkat sekitar 60 persen. Kemungkinan terus meningkat menjelang Lebaran atau pekan depan,” kata dia, kepada Solopos.com, Sabtu (15/4/2023).

Ada beragam event yang digelar di mall yang mengusung konsep lifestyle market selama periode Ramadan dan Lebaran. Misalnya, sentra kuliner dan bazar Ramadan yang menawarkan beragam makanan dan minuman bagi para pengunjung untuk berbuka puasa.

Event-event itu mampu menarik masyarakat untuk merasakan sensasi kuliner di area pusat perbelanjaan. “Kami menargetkan okupansi kembali normal saat sebelum pandemi Covid-19 saat momentum Lebaran. Aktivitas ekonomi berangsur pulih sehingga minat masyarakat untuk berbelanja juga kembali tinggi,” ujar dia.

Lebih jauh, Christina menambahkan setelah pusat perbelanjaan menggeber event dan pameran setelah pemerintah resmi mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Desember 2022. Langkah ini bagian dari upaya mendongkrak jumlah kunjungan di pusat perbelanjaan.

Hal senada diungkapkan Chief Marketing Communication (Marcom) Solo Paragon Mall, Veronica Lahji. Dia memperkirakan okupansi pusat perbelanjaan meningkat drastis pada pekan depan. Masyarakat bakal menyerbu pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

Menurut Veronica, Kota Solo masih menjadi ladang bisnis ritel lantaran tak sedikit brand-brand baru yang membuka gerai di pusat perbelanjaan. “Okupansi sudah ada peningkatan. Puncaknya diperkirakan sepekan menjelang Lebaran,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya